Ada enam venue yang akan digunakan, tentunya Bali ini destinasi unggulan kita dan juga Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta dan Surabaya. Di enam venue tersebut kita persiapkan juga paket-paket wisata
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pihaknya tengah menyiapkan promosi paket wisata di enam kota yang menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2020 tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021 (ditunda ke 2023) terdapat enam stadion yang disiapkan yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring (Palembang, Sumatera Selatan), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung, Jawa Barat), Stadion Manahan (Surakarta, Jawa Tengah), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya, Jawa Timur), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

"Ada enam venue yang akan digunakan, tentunya Bali ini destinasi unggulan kita dan juga Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta dan Surabaya. Di enam venue tersebut kita persiapkan juga paket-paket wisata," kata Menparekraf Sandiaga Uno saat ditemui di kawasan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

Sandiaga Uno menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mempersiapkan promosi wisata, acara tambahan (pre and side events), serta produk-produk ekonomi kreatif unggulan, mengingat Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola internasional tersebut.

Baca juga: Presiden perintahkan percepatan persiapan Piala Dunia U-20 2023

Sejumlah destinasi wisata yang disiapkan antara lain Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk wilayah Jawa Timur, Candi Borobudur untuk wilayah Jawa Tengah, wisata alam dan kuliner di Jawa Barat, serta wisata berbasis sejarah dan kerajinan berbahan dasar kulit di Sumatra Selatan.

"Termasuk juga bagaimana kita melakukan pendekatan dari segi digital marketing sehingga event dunia ini bisa membawa dampak positif terhadap pemulihan pariwisata promosi destinasi maupun juga produk-produk ekonomi kreatif kita," kata Sandiaga Uno.

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 dan diikuti 24 negara peserta, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Hingga saat ini sudah ada sembilan negara lain yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 yakni Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, Italia, dan Slowakia.

Sebelumnya perhelatan sepak bola dunia itu ditunda oleh FIFA dari yang seharusnya dilaksanakan pada 2021 menjadi 2023 karena situasi pandemi COVID-19.

Kondisi sejumlah stadion pun harus diperbaiki lagi untuk bisa memenuhi standard badan sepak bola dunia tersebut.

Baca juga: PSSI: Ada kemungkinan stadion Piala Dunia U-20 dikurangi

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022