Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa sedikit menguat pada pembukaan perdagangan Kamis, menjelang apa yang bisa menjadi kenaikan suku bunga terbesar Bank Sentral Eropa (ECB), dengan saham-saham penambang dan bank memimpin kenaikan.

Pasar belum melihat seberapa besar ECB akan menaikkan suku bunga acuannya, karena bank sentral memperdebatkan antara kenaikan 50 basis poin atau 75 basis poin, dengan ekspektasi sekarang condong ke peningkatan yang lebih besar tetapi tidak dengan keyakinan penuh.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,5 persen pada pukul 07.19 GMT. Sektor-sektor siklikal termasuk penambang, bank dan perusahaan asuransi naik antara 1,0 persen dan 1,1 persen.

Sektor sumber daya dasar berusaha untuk pulih dari penurunan lebih dari 2,0 persen karena data perdagangan China yang mengecewakan di sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran permintaan logam.

ECB secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin (bps) pada Kamis pukul 12.15 GMT untuk melawan inflasi yang tidak terkendali, meskipun krisis energi Eropa telah membuat euro di bawah tekanan, demikian dikutip dari Reuters.

Baca juga: Dolar naik jelang keputusan ECB dan pidato Powell, Lowe pukul Aussie
Baca juga: ECB siap naikkan suku bunga besar lainnya karena inflasi melonjak
Baca juga: Pasar saham Eropa stabil setelah jatuh, Credit Suisse menguat

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022