Pelatihan dan pemberian NIB ini tentu menjadi salah satu upaya PNM dalam memberikan yang terbaik untuk UMKM dalam memajukan ekonomi kerakyatan
Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan pelatihan sekaligus menyerahkan nomor induk berusaha (NIB) bagi 500 nasabah perempuan PNM.

"PNM secara konsisten memberikan tiga modal yakni modal finansial, intelektual, dan sosial. Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman," kata Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.​​​​​​​

PNM juga memberikan modal sosial berupa fasilitas bagi nasabah untuk dapat membentuk jaringan usaha kolektif guna mempercepat pertumbuhan usaha.

"Pelatihan dan pemberian NIB ini tentu menjadi salah satu upaya PNM dalam memberikan yang terbaik untuk UMKM dalam memajukan ekonomi kerakyatan melalui tiga modal tersebut," ujar Arief.

Pada kegiatan ini, seluruh nasabah yang hadir dapat langsung memiliki buku tabungan BRI dan juga dapat langsung memiliki NIB agar usahanya mendapatkan legalitas sehingga produk para nasabah mudah bersaing di tengah perkembangan zaman.

Dalam pelatihan, materi yang diberikan adalah manfaat dalam menabung dan bagaimana tips atau cara agar nasabah dapat menyisihkan uangnya untuk menabung, juga kemudahan dalam membuka dan mendapatkan buku tabungan.

Hingga 6 September 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp139,2 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,5 juta nasabah.

Saat ini, PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 624 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 443 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Baca juga: Presiden Jokowi serahkan NIB kepada 171 nasabah PNM Jayapura
Baca juga: PNM salurkan kredit Rp29,27 triliun sampai akhir Juni 2022
Baca juga: Kementerian Investasi gaet PNM dukung pelayanan perizinan UMKM


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022