Jakarta (ANTARA) - Casting Yard No. 4 Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Rabu (7/9) merampungkan pekerjaan prefabrikasi dan pemasangan seluruh 1.066 box girder, meletakkan fondasi yang solid bagi penyelesaian dan pembukaan KCJB pada Juni 2023 mendatang.

Casting Yard No. 4 bertugas untuk membuat prefabrikasi dan pemasangan box girder dengan jumlah terbanyak di antara tiga casting yard lainnya di seluruh jalur tersebut. Casting Yard No. 4 mengadopsi skema kerja "mengangkat, mengangkut, dan memasang" selama 24 jam yang terbagi dalam tiga sif di lokasi konstruksi, yang memastikan bahwa proses konstruksi berjalan aman dan tertib, serta rampung delapan hari lebih cepat dari jadwal.
 
   Saat ini, proses prefabrikasi dan pemasangan 2.486 dari 2.558 box girder di KCJB telah rampung. Semua 13 terowongan telah tuntas. Lebih dari 92 persen pekerjaan sipil tanah dasar, jembatan, dan stasiun telah selesai


Dengan kecepatan yang dirancang hingga 350 kilometer per jam, KCJB yang dibangun dengan teknologi China ini akan memangkas waktu tempuh antara Jakarta dan Bandung, ibu kota Provinsi Jawa Barat, dari tiga jam lebih menjadi hanya sekitar 40 menit.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022