Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan persiapan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 pada 10 -19 Oktober 2022 sudah 90 persen.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov Kalsel Sulkan di Banjarbaru, Kamis, menyatakan persiapan sudah hampir rampung jelang satu bulan penyelenggaraan.

"Insya Allah, persiapan saya rasa sudah lebih dari 90 persen. Sisanya hanya penyempurnaan jelang pelaksanaan," ujar Sulkan.

Menurut dia, kepastian persiapan sudah mencapai 90 persen ini sesuai rapat koordinasi persiapan pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 yang diikuti semua pihak terkait, pada Kamis hari ini.

Baca juga: Kalsel gandeng artis hingga ulama kondang gaungkan MTQ Nasional

Baca juga: Gubernur: MTQ Nasional di Kalsel diharapkan sukses dan menyenangkan


"Komitmen bersama menyukseskan kegiatan akbar di provinsi kita, sudah siap dari segi anggaran, SDM hingga tempat perlombaan," ungkapnya.

Sulkan pun menyampaikan keinginan Gubernur dalam pelaksanaan MTQ Nasional yang kembali menjadi sejarah ke-2 bagi provinsi ini, yakni, pertama pada tahun 1970 atau sekitar 50 tahun lalu, hingga harus sukses dan memberikan kesan yang baik bagi semua peserta.

"Kita ingat waktu Haul Guru Sekumpul, kita semua warga menyambut dengan senang dan melayani tamu dengan gembira. Kita senang, tamu pun merasa senang juga. Semoga semangat itu juga akan kita lakukan waktu MTQ Nasional," kata Gubernur.

Gelar MTQ Nasional ke-29 di Provinsi Kalimantan Selatan telah diluncurkan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi pada 25 Agustus 2022.

Pembukaan MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di Objek Wisata Alam Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.*

Baca juga: Pemprov Kalsel siapkan jalur alternatif saat MTQ nasional digelar

Baca juga: Kalsel persiapkan qori dan qoriah untuk target juara umum MTQ Nasional

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022