Jakarta (ANTARA) - PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) menghadirkan menu "Winning Meals Kachimeshi" untuk mendukung pengembangan kebutuhan atlet maupun pegiat olahraga.

Program "Winning Meals Kachimeshi" merupakan adaptasi dari program Ajinomoto Co., Inc (Jepang) dengan nama "Victory Project" yang mendukung kondisi atlet di Jepang melalui bimbingan terkontrol dari nutrisionis olahraga, pemberian menu makanan dan gizi yang disesuaikan disertai dengan suplementasi produk aminoVITAL.

Di Indonesia, pada awalnya program "Winning Meals Kachimeshi" bertujuan untuk mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah Internasional.

Baca juga: Riset Elderly Project sebut asam amino glutamat bermanfaat bagi lansia

Program ini meliputi pendampingan intensif dari sport nutritionist, pemberian menu makanan bergizi seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan dari atlet tersebut berdasarkan porsi latihan yang dijalani serta suplementasi produk aminoVITAL.

Kini, menu "Winning Meals Kachimeshi" dapat diterapkan bagi para pegiat olahraga lainnya supaya tetap bisa menjaga kesehatan tubuhnya, sekaligus memperoleh performa yang baik saat berolahraga.

Menurut Dr. Mury Kuswary, SPd, MSi, Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga & Kebugaran Indonesia (ANOKI), ada beberapa asupan gizi yang esensial bagi seorang atlet untuk meningkatkan kekuatan otot, daya tahan fisik, dan proses pemulihan setelah latihan fisik intens.

"Bagi seorang atlet, untuk meningkatkan kekuatan otot tentunya zat gizi protein berperan sangat penting dalam membantu proses sintesis protein, supaya kekuatan otot serta proses recovery nantinya menjadi optimal. Kendati memiliki peran penting, tentunya juga harus didukung dengan zat gizi makro dan mikro lainnya dengan kualitas yang baik. Selain kualitas, jumlah yang tepat serta meal timing menjadi faktor penting agar atlet dapat menampilkan performa terbaik saat latihan maupun pertandingan,” kata Dr. Mury dalam siaran pers Ajinomoto pada Jumat.

Menurutnya, kebutuhan gizi terlebih asupan protein yang tepat dan berkualitas sangat penting untuk atlet maupun pegiat olahraga karena dapat membantu memenuhi kecukupan tubuhnya dalam melakukan aktivitas fisik, supaya menjadi lebih sehat, bugar, dan produktif.

"Kita dapat melihat contoh kesuksesan program ini dari atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa, yang sudah banyak menjuarai kompetisi di kancah internasional," katanya.

Munurut Dr. Mury, Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada hari ini dapat menjadi momentum untuk semua insan olahraga maupun masyarakat umum dalam menggaungkan kembali semangat rutin berolahraga, supaya menjadi lebih sehat dan bugar, selain itu perlu juga didukung asupan gizi yang baik. Gizi ibarat bahan bakar kendaraan bagi atlet maupun pegiat olahraga, sebaik apapun kendaraan tanpa bahan bakar yang baik akan berjalan dengan lambat.

“Oleh karena itu sangat penting pengetahuan gizi bagi atlet maupun lingkungan sekitarnya (pelatih, pengurus, pembina, dll) untuk lebih melek gizi agar kita dapat memberikan bahan bakar terbaik sehingga performa yang optimal juga didapatkan. Bukan tidak mungkin prestasi olahraga Indonesia akan semakin meningkat,” ucap Dr. Mury.

Menurut Grant Senjaya, Head of Public Relations Department – PT AJINOMOTO INDONESIA, tidak hanya atlet yang menjadi fokus dari program ‘Winning Meals Kachimeshi’, Ajinomoto sendiri terus berkomitmen dan berkontribusi terhadap asupan gizi keluarga Indonesia dengan menghadirkan produk terbaik.

“Kami terus melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, serta pemeliharaan kebiasaan hidup sehat ke masyarakat luas. Ajinomoto percaya, dengan pemenuhan gizi yang baik maka tentunya akan terbentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi," katanya.

Ajinomoto memegang penuh komitmen untuk terus berbagi pengalaman dan pesan bahwa makanan adalah salah satu kunci penting untuk mewujudkan gaya hidup sehat melalui situs website https://www.dapurumami.com/kachimeshi/.

Baca juga: Ajinomoto Indonesia sajikan menu "Kachimeshi" di SEA Games ke-31

Baca juga: Ajinomoto Visitor Center rayakan tiga tahun perjalanan

Baca juga: Kiat bantu kurangi konsumsi garam tapi tetap enak makan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022