Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Super Junior akan menggelar tur konser dunia mereka salah satunya di Indonesia, bertajuk "SUPER JUNIOR WORLD TOUR - SUPER SHOW 9 : ROAD in JAKARTA" di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang pada 17 September 2022.
 
Sebelum bertolak menuju Indonesia, mereka terlebih dahulu menggelar konser langsung pertama sejak tiga tahun terakhir di berbagai kota dan negara, salah satunya Singapura pada 3 September lalu.

Sewaktu di Singapura, grup yang bernaung di agensi SM Entertainment itu salah satunya menghadirkan momen nostalgia untuk para penggemar mereka atau E.L.F. Media The Straits Times mengabarkan saat konser hanya Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Kyuhyun, Ryeowook dan Yesung yang hadir. Heechul berpartisipasi karena kembali mengalami cedera.

Baca juga: Jelang konser di Indonesia, Super Junior bersiap luncurkan album baru

Kedelapan personel membawakan sejumlah lagu lawas mereka termasuk "Believe (2005) dari album debut mereka berjudul "Twins". Grup yang populer salah satunya melalui lagu "Sorry Sorry" itu juga menyanyikan lagu "Mr Simple" (2011) saat segmen pembuka konser, Bonamana (2010) hingga "Sorry Sorry"

Tak hanya nostalgia, grup yang dikenal sebagai idola acara ragam itu tampil sembari mengenakan wig dan kostum untuk menampilkan perpaduan opera klasik dari karya mereka yakni lagu "Spy" (2012), "Rokkugo" (2007) dan "Mamacita" (2014).

Usai tampil, para personel grup masih dalam pakaian dan hiasan rambut yang sama memainkan permainan tebak lagu.

Konser "SUPER SHOW 9" dimulai di Seoul, Korea Selatan pada 15-17 Juli 2022. Donghae dalam sebuah konferensi pers dengan awak media di Korea mengatakan, konser ini seperti mimpi baginya.

"Seperti mimpi dapat mengadakan konser secara langsung untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun. Suasana latihan kami untuk pertunjukan lebih baik daripada sebelumnya. Kami berharap dapat melihat penggemar kami selama konser," kata dia.

Meskipun banyak selebritas cenderung memudar dan dilupakan seiring berjalannya waktu, Super Junior termasuk salah satu grup yang memiliki ikatan kuat dengan penggemarnya dan menjadi lebih solid, kata Leeteuk.

"Kami akan terus berjalan," tutur sang pemimpin.

Untuk penggemar Indonesia, Super Junior sempat membagikan pesan video berdurasi sekitar 31 detik. Video yang diunggah di laman media sosial Mecima Pro itu berisi informasi lokasi dan waktu gelaran konser mereka di Indonesia.

"Terima kasih. Aku cinta kamu," kata Leeteuk, Siwon dan Eunhyuk di akhir video.

Baca juga: Super Junior akan mulai tur internasional bulan depan

Baca juga: Absen, Heechul muncul lewat kilasan video di konser Super Junior

Baca juga: "Super Show 8" di Jakarta, kado awal tahun nan spesial bagi ELF

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022