Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa naik tipis pada awal perdagangan Jumat, dengan ekuitas bank memperpanjang kenaikan sehari setelah Bank Sentral Eropa (ECB) memperkuat perjuangannya melawan inflasi dengan kenaikan suku bunga, sementara harga logam yang lebih tinggi mendukung saham pertambangan.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,6 persen pada pukul 07.18 GMT, dengan sektor perbankan meningkat 1,3 persen. Penambang melonjak hampir 3,0 persen, karena harga tembaga London ditetapkan untuk kenaikan mingguan terbaik mereka dalam enam pekan ditopang dolar yang lebih lemah.

ECB menyampaikan kenaikan suku bunga 75 basis poin yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Kamis (8/9/2022), dalam sinyal paling jelas bahwa bank sentral tidak mundur terhadap inflasi yang melonjak.

Investor menantikan pertemuan menteri energi dari negara-negara Uni Eropa di kemudian hari, di mana mereka akan mencari solusi dari daftar panjang langkah-langkah yang mungkin untuk melindungi warga dari harga energi setinggi langit saat musim dingin mendekat.

Baca juga: Bank Sentral Eropa naikkan bunga 75 basis poin, demi perangi inflasi
Baca juga: Saham Eropa dibuka sedikit menguat jelang keputusan suku bunga ECB
Baca juga: Dolar naik jelang keputusan ECB dan pidato Powell, Lowe pukul Aussie

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022