Jakarta (ANTARA) - Anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Timur menangkap tiga pelaku spesialis pembobolan minimarket di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono mengatakan ketiga pelaku tersebut berinisial S, H, dan M.

Baca juga: Polisi gaet mahasiswa salurkan bantuan sosial bagi warga Matraman

"Kami menangkap pelaku saat beraksi di salah satu minimarket di Cinere, Jakarta Selatan, pada Minggu 4 September jam 04.00 WIB," kata Budi Sartono di Jakarta, Jumat.

Budi menambahkan, berdasarkan keterangan dari para pelaku tersebut telah beraksi di lima minimarket wilayah Jakarta Timur dan enam minimarket di wilayah Jakarta Selatan.

"Jadi mereka memang spesialis minimarket Jakarta Selatan dan Timur. Kami sudah dapat laporan bahwa ada beberapa minimarket yang dirampok," ujar Budi.

Kapolres mengatakan sebelum beraksi para pelaku terlebih dahulu memantau situasi dari minimarket yang menjadi sasaran pembobolan selama beberapa hari.

Baca juga: Polisi jelaskan kasus penculikan di Halim hanya salah paham

Kemudian, pelaku melancarkan aksi pada dini hari saat kondisi sekitar sedang sepi. Para pelaku membobol minimarket dengan cara masuk melalui atap.

"Ini pencurian dalam keadaan kosong, jadi mereka masuk dari atap, membobol brankas, rokok, dan barang berharga lainnya," tutur Budi.

Setelah berhasil masuk ke dalam minimarket, para pelaku biasanya mengincar rokok hingga brankas yang berisi uang. Para pelaku bisa mendapat keuntungan hingga Rp20 juta setiap kali beraksi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan akibat perbuatan para pelaku tersebut dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

"Ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," ucap Budi.

Baca juga: Polrestro Jaktim ungkap enam kasus judi selama sebulan terakhir

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022