Dengan badan pesawat telah ditemukan, kami bentuk tim dan melibatkan KNKT
Sidoarjo, Jatim (ANTARA) -
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono mengatakan pihaknya melibatkan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi tragedi pesawat latih yang mengalami kecelakaan di Selat Madura.
 
"Dengan badan pesawat telah ditemukan, kami bentuk tim dan melibatkan KNKT," katanya saat menghadiri pemakaman dua pilot pesawat TNI AL di Makam Bahagia TNI AL Wilayah Timur, Desa Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.
 
Ia mengatakan saat ini seluruh pesawat latih TNI Angkatan Laut jenis Bonanza G-36 T-2503 di grounded atau tidak dioperasikan terlebih dahulu sambil menunggu proses investigasi itu dilakukan.

"Hari ini saya tanda tangani selanjutnya langsung dilakukan investigasi," katanya.
 
Ia mengatakan pesawat latih jenis Bonanza tersebut digunakan sebelum pilot menerbangkan pesawat jenis yang lain.
 
"Jadi ini adalah pesawat latihan. Di samping kami juga masih ada pesawat lain jenis CN 235 atau juga jenis Cassa," katanya.
 
Kepada dua penerbang tersebut yakni Kapten Laut (Anumerta) Judistira Eka Permady dan kopilot Letnan Satu Laut (Anumerta) Dendy Kresna Bhakti, Kasal  Yudo Margono mengucapkan dua cita dan belasungkawa atas meninggalnya putra terbaik TNI AL saat menjalankan tugas.
 
"Almarhum juga dinaikkan pangkatnya satu tingkat dari lettu menjadi kapten dan letda menjadi lettu. Untuk keluarga mendapatkan santunan dari TNI AL dan juga dari Asabri," ujarnya.
 
Sebelumnya, sebuah pesawat udara (Pasud) latih jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI AL mengalami kecelakaan dan jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jawa Timur, Rabu (7/9).
 
"Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II," kata Kepala Dinas Penerangan Koarmada II Letkol Asep Aryansyah melalui keterangan tertulisnya di Surabaya.
 
Menurut Letkol Asep, untuk penyebab jatuhnya pesawat T-2503, hingga saat ini masih belum diketahui.

Baca juga: Pesawat Latih Bonanza TNI AL Jatuh di alur pelayaran barat Surabaya

Baca juga: Dua pilot TNI AL dimakamkan berdampingan

Baca juga: Pangkoarmada II: Pesawat Bonanza ditemukan di kedalaman 15 meter

Baca juga: Danpuspenerbal: Tim temukan titik lokasi jatuh Pesawat Bonanza TNI AL


 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022