Ini waktu yang tepat untuk mempromosikan destinasi wisata kita, tentunya yang berada di luar KEK Mandalika
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menggelar Lombok Sumbawa Fair menyambut perhelatan World Superbike (WSBK) pada November 2022.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB Yusron Hadi, mengatakan rangkaian kegiatan bertajuk Lombok Sumbawa Fair ini, akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya, kuliner, peragaan busana, pameran UMKM hingga kurasi motor bike.

"Selain menonton balapan motor, pengunjung juga bisa mengunjungi sejumlah pameran hingga atraksi seni musik yang akan kita sediakan," kata Yusron Hadi, usai rapat membahas persiapan pelaksanaan WSBK di Sirkuit Mandalika, Jumat.

Yusron juga mengatakan, momen perhelatan WSBK ini akan digunakan Pemprov NTB sebagai ajang promosi destinasi wisata khususnya yang berada di Pulau Lombok dan Sumbawa.

"Ini waktu yang tepat untuk mempromosikan destinasi wisata kita, tentunya yang berada di luar KEK Mandalika," ujarnya.

Anggota Tim Akselerasi dan Monitoring-Evaluasi Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Kemenparekraf, Taufan Rahmadi mengatakan perhelatan WSBK dinilai tidak hanya mampu memberikan ruang untuk lebih mengenalkan segmen destinasi wisata olahraga atau sport tourism di mata dunia, namun memungkinkan juga menggeliatkan perekonomian masyarakat NTB.

"Perhelatan dunia sebesar ini harus mampu menjadi episentrum ekonomi bagi peningkatan pendapatan khususnya masyarakat lokal," katanya.

Taufan mengapresiasi kerja sama Pemprov NTB bersama pihak MGPA dalam mengembangkan SDM di wilayah KEK Mandalika, yakni memberikan lima putra putri warga lokal beasiswa di Poltekpar Lombok.

"Langkah yang tepat,untuk mempersiapkan SDM untuk perhelatan dunia, apalagi di tanah kelahiran sendiri," ujarnya.

Sementara itu perwakilan MGPA Joko Santosa berjanji akan berusaha memberikan ruang untuk menggaungkan destinasi wisata NTB, ia juga akan melibatkan warga lokal dalam perhelatan WSBK nanti.

"Untuk WSBK kali ini kami akan berusaha tidak akan menggunakan pihak ketiga dalam melakukan perekrutan tenaga pendukung, kita ingin warga lokal untuk tenaga seperti security event, teknisi, cleaning service," kata Joko.

Selain melakukan perekrutan tenaga pendukung lokal yang jumlahnya hampir 1.000 orang, pihak MGPA juga akan menyediakan tempat rangkaian kegiatan yang letaknya masih di dalam area sirkuit Mandalika.

Baca juga: Dispar targetkan hunian hotel Mataram capai 100 persen saat WSBK 2022

Baca juga: BI prediksi ekonomi NTB tumbuh 5,1 persen dampak balap internasional

Baca juga: Polda NTB persiapkan rencana pengamanan WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022