New York (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), didorong oleh reli saham-saham terkait teknologi dengan indeks utama mencatat kenaikan mingguan karena investor melakukan pembelian, mengabaikan kekhawatiran tentang prospek ekonomi.

Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 377,19 poin atau 1,19 persen, menjadi menetap di 32.151,71 poin. Indeks S&P 500 bertambah 61,18 poin atau 1,53 persen, menjadi berakhir di 4.067,36 poin. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 250,18 poin atau 2,11 persen, menjadi ditutup di 12.112,31 poin.

Semua 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor jasa komunikasi dan energi masing-masing terangkat 2,53 persen dan 2,38 persen, memimpin kenaikan.

Untuk minggu ini, indeks Dow naik 2,7 persen, S&P 500 naik 3,6 persen dan Nasdaq naik 4,1 persen. Ketiga indeks utama menghentikan penurunan beruntun tiga minggu sebelumnya.

Saham raksasa teknologi besar, termasuk Meta Platforms, Amazon, Apple, Netflix, dan Alphabet, induk perusahaan Google, semuanya ditutup lebih tinggi.

Baca juga: IHSG akhir pekan berpeluang menguat, ikuti kenaikan Wall Street

Wall Street mengevaluasi keputusan suku bunga Federal Reserve yang akan datang ketika bertemu akhir bulan ini.

Selama diskusi yang diselenggarakan oleh Cato Institute pada Kamis (8/9/2022), Ketua Fed Jerome Powell menegaskan kembali janjinya untuk melanjutkan perjuangan yang agresif melawan inflasi.

Pada Rabu (7/9/2022), Wakil Ketua Fed Lael Brainard menggemakan pesan baru-baru ini dari pejabat tinggi lainnya bahwa suku bunga mungkin tetap restriktif untuk beberapa waktu.

The Fed "telah memperjelas bahwa prioritasnya adalah memerangi inflasi, bahkan dengan mengorbankan kesulitan ekonomi," kata analis UBS dalam sebuah catatan pada Jumat (9/9/2022), menambahkan "itu kemungkinan akan mengarah pada volatilitas pasar lebih lanjut."

Para analis mengatakan pemulihan pasar minggu ini lebih terkait dengan overselling sebelumnya karena ketidakpastian tetap tinggi tentang inflasi dan agresivitas Federal Reserve dalam kenaikan suku bunga.

"Tidak mengherankan kami mendapatkan sedikit lonjakan seperti yang kami dapatkan di sini, karena banyak dari ini bersifat teknis," kata Jack Janasiewicz, pemimpin strategi portofolio dan manajer portofolio di Natixis Investment Managers Solutions.

Baca juga: Wall Street ditutup naik, setelah Ketua Fed janji terus lawan inflasi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022