Jakarta (ANTARA) - ASN Muda Indonesia atau Abdimuda menggelar ASN Fest yang pertama dengan tema "Mengabdi untuk Negeri", bertujuan untuk membuktikan bahwa ASN generasi muda khususnya milenial mampu memberikan warna dan solusi yang bermanfaat untuk Indonesia.

"ASN Festival adalah sebuah momentum bagi kita semua untuk membuktikan bahwa abdi negara generasi muda memiliki kekuatan yang sangat luar biasa, karena ASN generasi muda saat ini mampu memberikan warna dan solusi yang bisa memberikan kebermanfaatan bagi Indonesia," kata Founder Abdimuda Indonesia Affin Bahtiar saat acara inagurasi di Museum Kebangkitan Nasional, Sabtu.

Affin melanjutkan, Abdimuda sendiri lahir dari kegelisahan ASN generasi muda yang merasa bahwa ada kesenjangan kepercayaan masyarakat terhadap ASN. Hal tersebut, menurut Affin, dapat dihilangkan dengan menciptakan komunikasi yang baik. Abdimuda pun lahir sebagai jembatan dan katalisator melalui berbagai kegiatan.

"Kegiatan ini mulai dari kegiatan sosial, olahraga, kebudayaan, dan hari ini semuanya ada di ASN Festival," imbuh Affin.

Ketua Pelaksana ASN Fest 2022 Rifky Febriansyah menambahkan bahwa melalui kegiatan tersebut, Abdimuda bertujuan membawa isu positif tentang ASN di kalangan masyarakat dengan semangat cerdas dan kontributif. ASN Fest 2022 juga hadir untuk menginisiasi berbagai program yang inklusif, bermanfaat, dan memiliki kontribusi bagi agenda pembangunan.

"ASN Fest 2022 memiliki tiga fokus utama. Pertama, konektivitas bangsa melalui ASN, kedua promosi ramah disabilitas, dan ketiga adalah kemajuan kebudayaan," kata Rifky.

Dia menambahkan, ASN Fest 2022 juga merupakan upaya networking antar sesama ASN yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga, hubungan antar instansi dapat terjalin dengan baik.

Rangkaian ASN Fest 2022 berlangsung sejak bulan Juli dengan berbagai kegiatan mulai dari Virtual Run for Charity, Tarik Tambang Online antar Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, Kompetisi Stand Up Comedy, dan Abdimuda untuk Disabilitas.

Pada inagurasi hari ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hadir untuk membuka acara. Kemudian, terdapat talkshow mengenai Disabilitas dan Peran Anak Muda dalam Kebijakan Publik, peluncuran buku “Kami Bukan Anak Bawang” karya ASN Muda Indonesia, dan Final Stand Up Comedy.

Selain itu, ada pula penyerahan simbolis alat bantu untuk penyandang disabilitas, pagelaran angklung dari Komunitas Belantara Budaya Indonesia, Surat Tugas Mencari Jodoh (STMJ), penampilan musik, dan pembagian doorprize.

Tak hanya digelar secara offline di Museum Kebangkitan Nasional, inagurasi ASN Fest 2022 juga dapat disaksikan melalui platform Gather Town pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

"Harapannya ini akan sustain ya, sampai ASN Fest tahun berikut-berikutnya. Saya optimis kalau generasi penerus saya akan melanjutkan kegiatan ini walaupun dengan konsep yang berbeda, tapi value-nya tetap sama," pungkas Rifky.

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022