Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia pada Sabtu menggelar acara wisuda tatap muka pertama sejak pandemi COVID-19 di Kampus Depok (Jawa Barat) dan Salemba (DKI Jakarta).

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro mengatakan bahwa UI melakukan terobosan dengan menyelenggarakan acara wisuda tatap muka secara serentak di sejumlah lokasi.

Selain di Balairung Kampus UI Depok, prosesi wisuda dilaksanakan oleh setiap fakultas/sekolah/program studi di lokasi yang lain di Kampus UI Depok dan Salemba.

​​​​​​​Acara wisuda di Balairung Kampus UI Depok dihadiri oleh perwakilan lulusan dari setiap fakultas yang meraih predikat cumlaude dan lulusan yang lain menghadiri prosesi wisuda di fakultas masing-masing.

"Kita sudah melewati fase penuh kewaspadaan hingga ke masa-masa menyedihkan, karena kehilangan untuk selamanya mereka yang kita kasihi, baik itu saudara, kolega di Universitas Indonesia, sahabat, dan kenalan," kata Prof. Ari saat menyampaikan sambutan pada acara wisuda.

"Kita semua dipaksa keadaan untuk keluar dari situasi krisis tersebut agar mampu tetap melakukan aktivitas, termasuk dalam hal pendidikan," ia menambahkan.

Acara wisuda UI pada Sabtu diikuti oleh 8.362 wisudawan, yang mencakup 804 lulusan program pendidikan vokasi, 4.196 lulusan program sarjana (reguler, paralel, kelas internasional, ekstensi), 422 lulusan program profesi, 348 lulusan program spesialis, 2.412 lulusan magister, dan 180 lulusan doktor.

Di antara wisudawan UI ada anggota DPR RI 2019-2024 Dr. Rieke Diah Pitaloka dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Dr. Usman Kansong, yang lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 Fahri Hamzah dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. juga menghadiri acara wisuda UI.

Prof. Ari mengatakan bahwa dalam wisuda kali ini sebanyak 4.079 orang atau 49 persen dari 8.362 lulusan meraih predikat cumlaude.

Lulusan dengan predikat cumlaude paling banyak berasal dari Program Pendidikan Vokasi (71 persen) diikuti Fakultas Kesehatan Masyarakat (62 persen).

Wisudawan peraih IPK tertinggi dan sempurna (4) di antaranya I Made Adi Parmana dari Program Doktor Fakultas Kedokteran, I Wayan Gede Krisna Arimjaya dan Arini Shafia Afkari dari Program Magister Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Nabila Clydea Harahap dan Arfive Gandhi dari Program Doktor Fakultas Ilmu Komputer.

Selain itu ada Anandina Irmagita dari Program Doktor Fakultas Kedokteran Gigi, Susanti dari Magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Farida Briani dari Program Doktor Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Ellya Fadllah dari Program Spesialis Fakultas Ilmu Keperawatan.

Baca juga:
UI mewisuda 8.063 lulusan secara virtual
UI selenggarakan wisuda virtual bagi 7.377 lulusan D3 hingga S3

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022