Para delegasi dapat mengambil inspirasi dari praktik-praktik hidup berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar pertemuan terakhir Pejabat Tinggi (Senior Official Meeting/SoM) G20 ​​​​​​dan dilanjutkan dengan Pertemuan Tingkat Menteri bidang Kebudayaan (Culture Ministers’ Meeting/CMM).

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim  dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu menjelaskan, kedua acara itu digelar di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 11 September hingga 14 September.

Nadiem yang akan memimpin Pertemuan Tingkat Menteri bidang Kebudayaan mengatakan bahwa melalui pertemuan itu Indonesia menyerukan dunia untuk saling bergotong royong mempraktikkan hidup berkelanjutan, serta mengakselerasi pemberdayaan dan perkembangan ekonomi berbasis seni dan budaya.

“Sektor seni dan budaya juga turut terdampak pandemi. Karenanya, kami terus menyuarakan pentingnya realisasi Dana Global untuk Pemulihan Seni dan Budaya (Global Arts and Culture Recovery Fund/GACRF) yang diinisiasi Presidensi Indonesia. Harapannya, pembahasan dana global ini dapat dilanjutkan India sebagai pemangku Presidensi G20 berikutnya,” jelasnya.

Baca juga: Sebanyak 1.257 personel gabungan amankan kegiatan G20 di Borobudur
Baca juga: Pertemuan menteri bidang kebudayaan G20 bahas lima isu utama

Selain mengadakan pertemuan para pemimpin bidang kebudayaan, Kemendikbudristek akan mengajak para delegasi dan masyarakat umum dalam berbagai perhelatan budaya di Kawasan Candi Borobudur dan desa-desa di sekitarnya.

Kegiatan tersebut meliputi antara lain Ruwatan Bumi, yakni sebuah pagelaran ritus masal yang bertujuan untuk memulihkan dunia. Selain Ruwatan Bumi, akan diselenggarakan juga Indonesia Bertutur, G20 Orkestra Borobudur, Kirab Budaya, Rapat Raksasa, dan beragam kegiatan budaya lain yang melibatkan lebih dari 2.500 seniman, pelaku budaya, dan masyarakat dari Indonesia dan negara sahabat.

Melalui rangkaian perhelatan budaya ini, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek selaku Koordinator Pertemuan Tingkat Menteri Kebudayaan G20, Hilmar Farid berharap,

“Para delegasi dapat mengambil inspirasi dari praktik-praktik hidup berkelanjutan yang menjadi tradisi di Indonesia dan menjadikannya sebagai jawaban atas tantangan-tantangan global seperti ekonomi dan lingkungan,” kata dia.

Melalui Presidensi G20, Kemendikbudristek memimpin pembahasan lima agenda prioritas bidang kebudayaan, yakni peran budaya sebagai pembuka kemungkinan dan pendorong pembangunan berkelanjutan; manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan dari kebijakan berbasis budaya; upaya untuk menjaga budaya sebagai kepentingan bersama dan memperkuat perlawanan terhadap perdagangan gelap kekayaan budaya; pentingnya perluasan dan pemerataan akses terhadap produk budaya dan manfaat ekonomi budaya; dan mobilisasi sumber daya internasional untuk pemulihan berkelanjutan melalui inisiasi Dana Global untuk Pemulihan Seni dan Budaya.

Baca juga: Menlu: Persiapan KTT G20 sudah "on the right track"
Baca juga: Indonesia Bertutur refleksi merawat kebudayaan yang berkelanjutan
Baca juga: Delegasi G20 terkesima melihat keindahan Pulau Lengkuas Belitung

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022