Denpasar (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Denpasar, Bali, menyiapkan agenda Festival Pelajar Nusantara sebagai ajang untuk meningkatkan kolaborasi dan sekaligus mengenalkan pelestarian budaya kepada generasi muda.

"Sesuai dengan tema HUT ke-77 RRI, yakni Kolaborasi untuk Indonesia Kuat. Semangat kita, kolaborasi, bagaimana meningkatkan kerja sama dengan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan)," kata Kepala RRI Denpasar Adi Pramono dalam Peringatan HUT RRI di Denpasar, Minggu.

Baca juga: Tim tari pelajar Indonesia raih penghargaan di Inggris dan Georgia

Kolaborasi dengan para pemangku kepentingan yang dimaksud, tidak hanya dengan unsur pemerintah daerah, termasuk dengan lembaga politik, LSM, hingga generasi muda dan sebagainya.

"Kolaborasi ini untuk kemajuan kita bersama. Selain itu, kami bertekad melakukan kolaborasi untuk memberikan pelayanan siaran yang terbaik," ucap Adi Pramono.

Baca juga: Ronggeng Dukuh Paruk curi perhatian masyarakat Guilin

Terkait dengan Festival Pelajar Nusantara tersebut, menurut dia, rencananya dilaksanakan sepekan pada Oktober 2022. "Di situ, seluruh panitia, pelaksana dan pengisi acaranya adalah anak-anak SMA. Panitianya kami rekrut dari SMA-SMA di Bali ini," ujarnya.

Dalam Festival Pelajar Nusantara itu akan digelar berbagai lomba di antaranya Lomba Tari Baris, Menyanyikan Lagu Pop Bali dan lomba kesenian Bali yang lainnya. "Ini untuk membuka wacana anak-anak muda kita agar paham dan siap melestarikan seni budaya," ujarnya.

Baca juga: Panggung dangdut "Harmoni Cinta Indonesia" goyang Kota Nanjing

Adi Pramono juga menyampaikan, pihaknya pada peringatan HUT ke-77 RRI ini bertekad untuk senantiasa menjaga Empat Konsensus Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Saat ini kami juga tengah mengembangkan moderasi beragama. Jadi, seluruh acara yang dilaksanakan di RRI Denpasar mengembangkan semangat untuk saling toleransi, saling menghargai dan menghormati. Semangat kami adalah memperkuat kesamaan," katanya.

Baca juga: Inifest di Kaifeng sedot perhatian warga lokal

Yang tidak kalah penting, lanjut dia, RRI Denpasar berkolaborasi untuk memerangi dan memberikan pendidikan yang bertanggung jawab untuk mengimbangi meluber-nya informasi di masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana menyampaikan, pada masa sekarang ini siapapun bisa menyebarkan beragam informasi, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi media-media konvensional.

Baca juga: Gubernur Bali: RRI berperan penting lawan hoaks

Pihaknya mengapresiasi dedikasi dari RRI Denpasar yang selama ini telah memberikan informasi yang tepat dan akurat, khususnya pada masyarakat Kota Denpasar.

"RRI juga telah membuktikan dedikasi dan semangatnya di tengah gempuran media informasi. Kami harapkan RRI Denpasar terus memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: RRI Denpasar penyangga seni budaya Bali

Alit Wiradana berharap media massa tidak hanya menyampaikan informasi yang sekadar viral. Namun, harus memberikan manfaat dan berorientasi pada publik.

Puncak peringatan HUT ke-77 RRI di RRI Denpasar ini juga ditandai dengan penyulutan Obor Tri Prasetya oleh Kepala RRI Denpasar Adi Pramono.

Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada para pegawai berprestasi, tari Bali yang dibawakan oleh pegawai RRI Denpasar, peragaan busana, serta pergelaran budaya.

Baca juga: RRI Denpasar ajak masyarakat nonton wayang kulit
Baca juga: Garapan RRI Denpasar Ikut Kompetisi ABU

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022