Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan bahwa lautan merupakan media penting akses pemerataan kesehatan, pendidikan, dan perekonomian bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim.

“Lautan menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian bangsa Indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim,” ucap Yudo Margono ketika memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI Angkatan Laut TA 2022 yang dilaksanakan di Kesatrian TNI AL Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin.

Baca juga: Kasal pimpin upacara HUT Ke-77 TNI AL

Di dasar lautan, tutur Yudo melanjutkan, juga membentang kabel optik yang merupakan sarana ekonomi digital masa kini, yang semakin hari semakin vital dalam kemajuan perekonomian bangsa.

“Tidak lupa kontribusi besar sumber daya perikanan dan pariwisata bahari, serta sumber daya alam lainnya yang terkandung di bawah laut. Ini membuktikan bahwa sektor maritim memegang peran penting bagi tumbuh dan berkembangnya bangsa Indonesia,” kata Yudo. 

Dengan demikian, bagi Yudo, kelangsungan hidup bangsa Indonesia tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara masyarakat memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup.

“Sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: TNI AL gelar "fun run" serentak se-Indonesia

Yudo melanjutkan, tidak bisa dipungkiri bahwa kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat laut, jaminan keamanan bernavigasi, dan jaminan atas terbukanya akses yang sama pada sumber daya alam.

“Semuanya membutuhkan kekuatan TNI Angkatan Laut yang memiliki daya gentar, daya manuver, dan daya pukul yang tinggi, serta jangkauan operasional yang mencakup seluruh wilayah yurisdiksi perairan Indonesia,” kata Yudo.

Pernyataan tersebut ia sampaikan selaku Inspektur Upacara dalam perayaan HUT Ke-77 TNI AL.

Tahun ini merupakan tahun pertama TNI AL merayakan HUT setelah dua tahun melalui pandemi COVID-19.

Dalam perayaan HUT Ke-77 TNI AL, terdapat rangkaian acara berupa defile pasukan, penampilan yel-yel antarsatuan setingkat kompi, demo bela diri karate, demo pembebasan sandera, penampilan tarian kolosal, serta penyematan tanda kehormatan oleh Inspektur Upacara.

Baca juga: Kasal tegaskan Angkatan Laut Indonesia sudah mendunia

Baca juga: Kasal resmikan Kapal Bantu RS dr Radjiman Wedyodiningrat




 

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022