diharapkan 30 persen siswa memiliki tingkat kebugaran jiwa baik
Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan dan Olahraga (Kemenpora) mentargetkan pada 2045 sebanyak 70 persen siswa berpartisipasi aktif berolahraga untuk mewujudkan visi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Kemenpora bersama pemerintah daerah saat ini terus bersinergi untuk mewujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," ujar Kepala Bidang Olah Raga Pendidikan Dasar Deputi Bidang Pemberdayaan Olah Raga Kemenpora, Supeni Pudyastuti saat pembukaan Festival Olahraga Pelajar, di Bandarlampung, Senin.

Ia menjelaskan dalam upaya mendorong visi misi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ditargetkan pada tahun 2045 sebanyak 70 persen siswa berpartisipasi aktif berolahraga.

"Target tersebut merupakan target atas partisipasi siswa berolahraga di usia tujuh tahun ke atas, yang dihitung melalui persentase rutin berolahraga tiga kali dalam sepekan dengan durasi minimal 60 menit," ucap dia.

Baca juga: Pembinaan DBON jangan terburu-buru mengejar prestasi
Baca juga: Rumini: Perbanyak kejuaraan olahraga usai pandemi

Dia mengatakan, dengan adanya target 70 persen partisipasi aktif siswa berolahraga tersebut, diharapkan dapat mampu meningkatkan tingkat kebugaran jiwa yang baik bagi siswa.

"Jadi dari 70 persen target partisipasi aktif berolahraga, diharapkan 30 persen siswa memiliki tingkat kebugaran jiwa baik sehingga mewujudkan visi DBON yaitu mewujudkan siswa unggul, bugar, berprestasi sehingga mampu kontribusi pada olahraga masa kini dan di masa mendatang," katanya.

Menurut dia, salah satu upaya mempercepat tingkat partisipasi siswa dalam aktif berolahraga, maka dilakukan Festival Olahraga Pelajar (FOP).

"Festival Olahraga Pelajar ini diharapkan dapat berkembang hingga tingkat nasional, sehingga tingkat partisipasi siswa untuk berolahraga bisa meningkat sesuai target DBON," tambahnya.

Baca juga: Haornas 2022, bersama cetak juara, dan implementasi DBON
Baca juga: Jalan masih panjang menuju kejayaan prestasi olahraga Indonesia

Sebelumnya pemerintah telah mempersiapkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Keberadaan Desain Besar Olahraga Nasional yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2022 makin kokoh dengan dukungan dari banyak pihak.

Melalui DBON pemerintah ingin membangun ekosistem keolahragaan dari hulu ke hilir dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan di bidang olahraga (sport science).

Baca juga: PBTI: Haornas 2022 mementum lahirkan taekwondoin potensial lewat DBON

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022