Jakarta (ANTARA) - Siapa yang tidak mengetahui mangkuk ayam jago satu ini? Mangkuk yang bernama Lampang Rooster Bowl ini hari ini dirayakan oleh Google Doodle.

Dikutip dari keterangan resmi Google Doodle, Senin, popularitas dari desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang tersebut merupakan salah satu alasan Google merayakannya hari ini.

Peralatan dapur tahan lama ini sangat populer di Asia, sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013.

Baca juga: Google Doodle tampilkan Ismail Marzuki di Hari Pahlawan

"Ini artinya, hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut," kata Google Doodle.

Mangkuk bergambar ayam ini diimpor ke Thailand dari China. Dalam karya seni aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras, sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Pada tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah itu, yang penuh dengan mineral lempung, lebih cocok untuk pembuatan keramik.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jantan, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlaris di kawasan ini — membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk lokal Lampang.

Meskipun Lampang terus memproduksi mangkuk ayam hingga saat ini, hanya sedikit pabrik yang mampu mendesain mangkuk ayam sesuai dengan gaya dan bahan tradisional, menyebabkan mangkuk ayam asli yang dilukis dengan tangan menjadi barang koleksi langka.

Baca juga: Google Doodle hadirkan sosok jurnalis Siti Latifah Herawati Diah

Baca juga: Google Doodle punya game mini Valentine

Baca juga: Sandiah "Ibu Kasur" jadi wajah di Google Doodle hari ini

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022