Makassar (ANTARA) - Festival Taka Bonerate (FTB) di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, sekaligus menjadi salah satu dari 100 agenda wisata "Wonderful Indonesia" pada 2022.

"Festival Taka Bonerate ini salah satu dari lima kabupaten di Sulsel yang lolos kurasi KEN 2022," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Muh Jufri di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, selain FTB yang akan digelar pada 23 - 28 Oktober 2022, juga ada Festival Phinisi di Kabupaten Bulukumba pada 14 - 17 September 2022 juga lolos kurasi KEN 2022.

Sementara itu, Kabid pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten kepulauan Selayar, Sulsel Sri Nurmaningsih pada keterangan terpisah mengatakan, sejumlah kegiatan seni, budaya, pameran wisata bahari akan digelar dalam sepekan untuk memeriahkan FTB.

Baca juga: Taman Laut Taka Bonerate disebut tak kalah dari Wakatobi dan Bunaken

Pada awal kegiatan setelah pembukaan, lanjut dia, digelar Festival Pesisir, Festival Layang-Layang, Festival Kuliner Tradisional pada malam hari sekaligus digelar gala dinner sebelum upacara pembukaan.

"Pembukaan festival sekaligus launching Selayar Expo dan hiburan bagi masyarakat setempat dan pengujung," kata Sri.

Kemudian pada 24 Oktober 2022 digelar Selayar land tour dan pada malam hari ada kegiatan "night fun", "run bicycle night festival", lomba lagu daerah, Selayar Expo dan lomba desain cenderamata.

Sedang pada keesokan harinya, kembali digelar "land tour" yang dirangkaikan dengan "diving Bahuluang Island", atraksi seni dan kearifan lokal masyarakat Bahuluang, Selayar Expo dengan fashion show creative

"Pada 26 Oktober digelar Explore Bukit Nane, Explore Pulau Tambolongan, diving Bahuluang Island dan atraksi permainan rakyat, seni dan juga Selayar Expo," jelas Sri.

Baca juga: Kabupaten Kepulauan Selayar kembangkan 10 potensi wisata bahari

Pada akhir festival, lanjut dia, akan digelar karnaval bertema Bahari kemudian diakhiri dengan 'closing ceremony' dan dilanjutkan hunting souvenir

Menurut dia, untuk mengikuti rangkaian festival pada 23 - 28 Oktober 2022, sekaligus berwisata di "Tana Doang" ini, Disbudpar Kabupaten Kepulauan Selayar menawarkan paket Platinum dengan harga Rp1,5 juta per orang dan paket Gold Rp850 ribu per orang sudah termasuk registrasi, makan transportasi wisata lokal, homestay, guide lokal dan tour leader.
 
Ilustrasi pengujung menikmati wisata bahari di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022