Dera Bugti (ANTARA) -  Paket bantuan pangan dari China pada Minggu (11/9) telah didistribusikan di Provinsi Balochistan, Pakistan barat daya, di tengah banjir parah yang baru-baru ini melanda negara di Asia Selatan tersebut.

Upacara penyerahannya diadakan di wilayah kesukuan Dera Bugti di Provinsi Balochistan dan dihadiri oleh lebih dari 800 warga setempat yang menjadi korban banjir.

Berbicara dalam upacara itu, Menteri Pengendalian Narkotika Pakistan Nawabzada Shazain Bugti berterima kasih kepada China atas bantuannya yang tepat waktu di saat Pakistan dilanda banjir parah.

"China selalu berdiri bersama Pakistan sebagai saudara saat kami menghadapi masa-masa sulit seperti ini," ujar Bugti, seraya menambahkan bahwa Pakistan berharap dapat memperdalam kerja sama dengan China untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di bidang pendidikan, perawatan medis, dan sebagainya.

Pada kesempatan itu, Duta Besar (Dubes) China untuk Pakistan Nong Rong menuturkan bahwa pemerintah China memprioritaskan pemberian bantuan bagi para saudara dan saudarinya di Pakistan yang dihantam banjir, mengingat kedua negara memiliki tradisi yang panjang untuk saling membantu di masa krisis.

"Rakyat China tidak akan pernah melupakan bahwa Pakistan menyumbangkan semua tenda cadangan strategisnya saat gempa dahsyat mengguncang Wenchuan di Provinsi Sichuan, China, pada 2008," tutur sang dubes.

Dia menyampaikan bahwa China berharap dapat memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan dengan Pakistan dan melakukan upaya bersama untuk membangun tanah air yang lebih baik.

Menurut data terbaru dari Otoritas Penanggulangan Bencana Nasional (National Disaster Management Authority/NDMA) Pakistan, total 1.396 orang telah tewas dan 12.728 lainnya luka-luka dalam sejumlah insiden kecelakaan yang berkaitan dengan hujan di negara tersebut sejak pertengahan Juni. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022