Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Malaysia Pahang komitmen melakukan kerja sama bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat.

Kesepakatan kerja sama ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman kerja sama (MoU) oleh Rektor UMSU Prof.Dr Agussani dan Vice-Chancellor Universitas Malaysia Pahang (UMP), Prof. Dato’ Ts Dr. Yuserrie bin Zainuddin.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani di Medan, Selasa, mengatakan ada sejumlah poin kerja sama yang ditawarkan, di antaranya kerja sama penelitian, pertukaran mahasiswa, publikasi ilmiah dan KKN internasional.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumut KKN di tiga negara ASEAN

"Kerja sama antara UMSU dan UMP dirasakan perlu guna pengembangan pendidikan dan penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen," katanya.

Ia mengatakan UMSU fokus menjalin kerja sama dengan kampus di Malaysia, karena memiliki banyak kesamaan, termasuk budaya dan bahasa, sehingga mudah merealisasikan poin kerja sama yang disepakati.

Berbeda jika menjalin kerja sama dengan kampus di Eropa yang membutuhkan biaya besar dan banyak kendala.

Pada kesempatan itu, Rektor juga mempresentasikan profil UMSU yang diawali dengan pemutaran video.

Dalam paparannya, dijelaskan tentang capaian UMSU dan berbagai aktivitas yang telah dilakukan dari kerja sama dengan berbagai universitas di Malaysia dan beberapa negara lainnya di Asia dan Eropa.

Baca juga: UMSU-Nagaoka University tindak lanjuti riset energi terbarukan

Baca juga: UMSU perkuat program internasionalisasi


Kerja sama UMSU dengan UMP dan sejumlah universitas lain di Malaysia, di antaranya USM, UUM, UPM, UPSI, UMAM dan IPGK Ipoh adalah bagian dari program menuju world class university yang telah dirancang melalui roadmap 2033.

Sementara itu, Vice Chancellor, Prof. Dato’ Ts Dr. Yuserrie bin Zainuddin mengungkapkan pihaknya setuju dengan tawaran kerja sama UMSU. "Saya tertarik dengan UMSU dan ada banyak peluang kerja sama yang bisa dilakukan," katanya.
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022