Jakarta (ANTARA) - Pengunjuk rasa dari aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), serta mahasiswa bergerak ke kawasan Patung Kuda setelah dua jam memadati sisi barat Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa.

Buruh yang mengenakan pakaian merah bercorak hitam dengan penutup kepala kuning dan mahasiswa yang menduduki sisi Barat Jalan MH Thamrin tersebut sejak pukul 12.00 WIB, bergerak menuju Patung Kuda mulai pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Buruh-mahasiswa padati Jalan Thamrin suarakan soal penyesuaian BBM

Ribuan massa tersebut berhenti di depan kawat berduri dan "barrier" yang dipasang petugas keamanan di dekat Kementerian Pariwisata dan melanjutkan orasi mengenai penolakan penyesuaian harga BBM bersubsidi, serta permasalahan upah sambil menunggu ribuan mahasiswa yang tengah jalan untuk bergabung.

Saat ini, Jalan MH Thamrin telah dibuka kembali, namun Jalan Medan Merdeka Barat yang merupakan akses menuju ke Istana Kepresidenan telah ditutup oleh kepolisian sejak pukul 11.00 WIB.

Baca juga: Ribuan personel dikerahkan untuk amankan unjuk rasa

Sejumlah petugas gabungan Polri dan Polisi Pamong Praja (Pol PP) juga tampak bersiaga di kawasan Patung Kuda.

Massa gabungan buruh dan mahasiswa ini berjalan kaki dari International Labour Organization (ILO) di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, menuju Istana Negara.

Sementara di lokasi Patung Kuda, ada dua massa aksi lainnya yaitu puluhan massa dari Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) yang datang kemudian setelah PMII.

Baca juga: Polda Metro alihkan lalu lintas di Istana Negara saat aksi mahasiswa

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022