membangkitkan lebih banyak Unicorn startup digital di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi digital Telkomsel menggelar program inkubasi untuk perusahaan rintisan (startup) teknologi NextDev 2022 dengan tema "Sustain Beyond Expectation".

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan program tersebut bertujuan memperkuat fundamental startup digital Indonesia untuk dapat berkembang secara berkelanjutan melalui pendampingan dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan (skill), serta pemanfaatan teknologi digital terdepan.

"Sebagai upaya dalam mempertegas komitmen tersebut, kami terus melakukan evaluasi berkelanjutan guna memberikan dukungan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan startup terkini," kata Saki dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

"Salah satu transformasi yang dilakukan yaitu mengubah fokus di tahun ini untuk membenahi fundamental startup, yaitu dengan lebih meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam menjalankan bisnis digital yang tepat dan adaptif terhadap perubahan," imbuhnya.

NextDev 2022 lebih didesain dan ditempatkan sebagai enabler bagi startup digital tahap awal (early stage startup) di Indonesia guna memiliki fundamental yang kuat dan tumbuh, sekaligus menjadi pintu awal di antara ekosistem pemberdayaan startup digital berkelanjutan yang dimiliki Telkomsel.

Beberapa di antaranya Tinc sebagai wadah pengembangan (akselerator) startup, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang mendukung stabilitas startup melalui investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang, serta INDICO sebagai anak usaha Telkomsel yang menjadi holding company untuk generator inovasi digital yang akan membantu pertumbuhan bisnis secara terukur dengan memaksimalkan value creation dalam pengembangan produk, inkubasi bisnis, dan investasi strategis.

Seluruh rangkaian program NextDev 2022 terdiri dari NextDev Talent Scouting, NextDev Academy dan NextDev Summit.

Pada tahun ini, NextDev membuka peluang bagi startup digital di sektor game & gaming platform, Health & Education, Tourism & Creative Economy, serta Green & Clean Tech untuk ambil bagian dalam meningkatkan fundamental bisnisnya.

Pendaftaran program NextDev 2022 sudah dibuka hingga 10 November dan dapat diakses melalui www.nextdev.co.id.

"Melalui ekosistem pemberdayaan startup, Telkomsel berupaya mewujudkan ekosistem digital Indonesia yang terus berkembang, meningkatkan pembangunan ekonomi secara berkelanjutan, serta membangkitkan lebih banyak Unicorn startup digital di Indonesia," ujar Saki.

Baca juga: Analis yakin bisnis menara Mitratel tetap moncer meski BBM naik

Baca juga: Telkomsel bawa robot "Uu" berteknologi 5G di DEWG keempat

Baca juga: Kemenkop bersepakat dengan Telkomsel tumbuhkan calon wirausaha

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022