Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengajak semua pihak untuk menjaga serta melindungi lingkungan maritim agar bersih dari sampah di perairan dan pesisir Kota Palembang khususnya dan Indonesia umumnya.

"Melalui kegiatan bersih-bersih diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan partisipasi masyarakat menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan bersih dan lestari," kata Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Marta Hardisarwono dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Sebagai rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melaksanakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di wilayah Distrik Navigasi Kelas I Palembang.

Kegiatan bersih laut dan pantai ini melibatkan sekitar 300 peserta yang berasal dari 33 instansi dan mitra kerja yang dilaksanakan pada 5 titik lokasi, yaitu di Dermaga Distrik Navigasi Palembang, Dermaga Penumpang Pelabuhan Boom Baru, Dermaga Pelindo, Masjid Lawang Kidul dan sekitarnya serta Dermaga 16 Ilir.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata dalam upaya perlindungan lingkungan maritim agar bersih dari sampah di perairan dan pesisir Kota Palembang.

Selain itu, tujuan lainnya yaitu meningkatkan silaturahmi dan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir yang sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

Pihaknya mengapresiasi atas partisipasi seluruh instansi terkait dan mitra kerja yang telah mendukung kegiatan tersebut.

"Kita berharap mulai dari masyarakat pesisir, pegawai Kementerian Perhubungan beserta para pemangku kepentingan dapat menanamkan tanggung jawab terhadap kebersihan sekitar yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan serta tentunya mewujudkan lingkungan yang sehat," katanya.

Selanjutnya dilakukan penyerahan alat kerja bersih laut dan pantai secara simbolis oleh Kepala Disnav Kelas I Palembang, Staf Ahli Walikota Palembang, GM. Pelindo Regional II Cabang Palembang, perwakilan KSOP Kelas II Palembang, dan Dinas Perhubungan Kota Palembang.

Baca juga: Kemenhub ajak masyarakat apresiasi jasa pelaut
Baca juga: Indonesia komitmen jaga dan lindungi lingkungan maritim
Baca juga: Kemenhub komitmen jaga keselamatan pelayaran

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022