Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Padang terus melakukan inovasi dan transformasi pendidikan tinggi sebagai upaya mewujudkan kampus yang terkemuka dan bermartabat.

"Satu tahun Unand berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, kami terus melakukan berbagai inovasi dan transformasi pendidikan lewat sejumlah upaya," kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu pada peringatan Dies Natalis ke-66 Unand dengan tema Inovasi Untuk Kejayaan Bangsa.

Menurut dia, salah satu tugas perguruan tinggi adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan salah satunya bisa diwujudkan dengan terus berinovasi.

Baca juga: Unand segera miliki Laboratorium Sentral pendukung riset

"Saat ini Unand berada pada rangking 14 QS World University Rangking dan urutan 12 webometrics rangking perguruan tinggi Indonesia 2022," katanya.

Unand juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Dikti sebagai PTN BLU yang mencapai indikator kinerja utama 6 tertinggi.

Untuk kinerja riset dan inovasi 2022 Unand berada pada urutan ke sembilan dengan 128 departemen dan 1.430 peneliti.

"Bahkan pada April 2022, Unand mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai perguruan tinggi dengan permohonan kekayaan intelektual terbanyak bidang paten dan desain industri," ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa Unand ikut kuliah satu semester di Malaysia dan Thailand

Untuk memperkuat riset saat ini tengah dibangun Laboratorium Sentral seluas 2.700 meter per segi dengan anggaran sebesar Rp67,8 miliar.

"Pada 2023 juga dianggarkan Rp140 miliar untuk pengadaan peralatan laboratorium dan fasilitas penunjang bersumber dari Kemendikbudristek," kata dia.

Sedangkan dalam mewujudkan transformasi pendidikan telah digagas kampus cerdas melalui pembangunan taman digital bekerja sama dengan PT Telkom.

Rektor mengatakan kecepatan perkembangan teknologi dan inovasi digital mengubah orientasi pengajaran dan pembelajaran.

Baca juga: Tujuh Prodi di Unand peroleh akreditasi internasional FIBAA

"Oleh sebab itu, kami ke depan akan memaksimalkan sistem digital serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan digital sebagai bekal lulusan menghadapi perubahan dunia kerja," katanya.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022