Jakarta (ANTARA) - Para mahasiswa dari sejumlah universitas yang menggelar demonstrasi terkait penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi melakukan aksi teatrikal di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa petang.

Dalam aksi teatrikal tersebut, mahasiswa seolah-olah menggelar perayaan ulang tahun salah satu pimpinan DPR RI yang mendapatkan ucapan dari anggota dewan saat Rapat Paripurna pada pekan lalu.

Baca juga: Kelompok milenial pilih menggelar diskusi dibanding demo harga BBM

Aksi teatrikal itu dibuka dengan lagu Selamat Ulang Tahun milik Jamrud. Kemudian, mahasiswa ikut berjoget dan bernyanyi.

Saat teatrikal ini dilaksanakan, demonstrasi yang digelar Aliansi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) masih berlangsung di sisi barat Jalan Medan Merdeka Barat yang diikuti buruh hingga mahasiswa.

Aksi yang digelar di Patung Kuda tersebut bagian dari gelombang protes terkait kenaikan harga BBM. Aksi serupa sendiri sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu di sejumlah daerah.

Baca juga: Pelajar STM sesaki Patung Kuda susul buruh-mahasiswa

Diketahui, pemerintah mengumumkan penyesuaian harga BBM bersubsidi jenis Pertalite, Solar, dan Pertamax pada Sabtu (3/9) pukul 14.30 WIB.

Harga Pertalite yang semula Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter, Solar naik dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter, dan Pertamax naik dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Baca juga: Massa padati Patung Kuda untuk unjuk rasa terkait harga BBM

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022