bazar tersebut digelar untuk membantu mempromosikan barang dagangan UMKM agar lebih dikenal masyarakat luas
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat bekerjasama dengan Bank DKI menggelar bazar hasil karya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Suku Dinas Ketenagakerjaan setempat yang berlangsung di kantor Wali Kota, Rabu.

"Kita gelar bazar untuk UMKM binaan Sudinaker. Ini hari kedua bazar dan akan berakhir besok," kata Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi pada Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Jakarta Barat, Yasil Farabi, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Yasil mengatakan bazar tersebut digelar untuk membantu mempromosikan barang dagangan UMKM agar lebih dikenal masyarakat luas.

Bazar tersebut berlangsung di lobi gedung B kantor Wali Kota Jakarta Barat. Beragam produk UMKM pun disajikan di sana diantaranya kuliner tradisional hingga kerajinan tangan.

"Ada 20 stan yang kita sediakan untuk mereka pelaku UMKM. Jadi kita dukung mereka dalam promosi yang mencakup 5P (product, price, place, packaging, positioning)," jelas dia.

Tidak hanya promosi, pihaknya juga akan membantu para pelaku UMKM mendapatkan sertifikat produk hingga menyalurkan ke beberapa bank untuk kebutuhan modal usaha.

Yasil berharap upaya tersebut dapat membantu warga menjual produk UMKM sehingga tingkat perekonomian pun meningkat.

Sebelumnya, Sudin Nakertrans tahun ini melatih 800 orang menjadi pengusaha dan tenaga ahli dalam bidang teknis tahun 2022.

Peserta sebanyak 800 dibagi untuk mengikuti pelatihan membuat kue, membuat bir pletok, pelatihan tata rias, dan servis pendingin ruangan (AC).

Peserta yang tergabung dalam program JakTrainer ini diambil dari delapan kecamatan yang sudah melakukan pendaftaran. Mereka dilatih dari segi teknis hingga praktik menggunakan bahan baku yang disiapkan Pemerintah Kota Jakarta Barat.
Baca juga: Pertamina latih warga pra sejahtera agar bisa penuhi permintaan pasar
Baca juga: Bank DKI salurkan Rp1 triliun KUR pada Oktober 2022
Baca juga: Pemkot Jaksel dan BPJS fasilitasi pelaku UMKM terima Jamsostek

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022