Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bachtiar menyampaikan terima kasih kepada DPRD DKI Jakarta karena telah mempercayai dirinya masuk bursa sebagai salah satu calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta untuk menggantikan Anies Baswedan pada Oktober mendatang.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh yang terhormat pimpinan dan anggota DPRD DKI sebagai representasi politik masyarakat Jakarta dan anggota DPD RI asal Dapil Jakarta yang memberikan dukungan sebagai representasi daerah provinsi," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Saat ditanya mengenai kesiapan apabila benar terpilih sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta, Bahtiar belum menanggapi pertanyaan awak media.

Sebelumnya, terdapat empat nama yang bertarung dalam usulan pemilihan calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang dipilih DPRD DKI Jakarta.

Baca juga: Kasetpres serahkan proses soal Pj Gubernur DKI ke Kemendagri

Nama tersebut adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bachtiar dan Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik Juri Ardiantoro.

Setelah dirangking dari daftar nama yang diusulkan tiap fraksi, nama Juri Ardiantoro tersingkir karena kalah jumlah suara dibandingkan dengan Bachtiar.

Setelah dihitung, tiga nama tertinggi yang diusulkan masing-masing fraksi di DPRD, tertuju pada Heru Budi Hartono, Marullah Matali dan Bachtiar. Heru dan Marullah mendapatkan 9 suara, Bachtiar mendapatkan 6 suara, sedangkan Juri mendapatkan 3 suara.

Pada Rabu pekan ini, DPRD DKI Jakarta menyerahkan tiga nama yang diusulkan menjadi calon penjabat gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang akan mengakhiri masa tugas pada 16 Oktober 2022 ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Baca juga: DPRD ajukan calon Pj Gubernur DKI dari tiga nama terbanyak

"Saya menyerahkan berkas yang kemarin sudah saya bahas tiga nama itu, hari ini sudah diterima," kata Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di gedung Kemendagri di Jakarta, Rabu.

Tiga nama usulan calon penjabat gubernur DKI itu dibawa langsung Prasetio dan diterima Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022