Jakarta (ANTARA) - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mendukung peningkatan hubungan kerja sama antara Jeju dan Sulawesi Utara saat bertemu Gubernur, khususnya di sektor perdagangan produk pertanian.

"Saya mendengar Jeju ingin kerja sama bidang pertanian. Tentu kami akan menerima dengan baik karena di Sulut banyak daerah subur," kata Megawati dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam pertemuannya dengan Gubernur Jeju Oh Young-Hun di Jeju, Korea Selatan, Kamis, Megawati menyingung soal komoditas yang bisa diperdagangkan dan potensi kerja sama yang bisa ditingkatkan.

Menurut Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu, Sulut cocok menjalin kerja sama dengan Jeju karena secara geografis Sulut langsung menghadap ke Laut Hindia. Selain itu, tambahnya, Sulut memiliki Pelabuhan Laut Bitung yang memudahkan dari sisi transportasi.

Megawati menambahkan Sulut dan Jeju memiliki banyak komoditas pertanian yang bisa saling diperdagangkan, seperti kelapa dari Sulut serta ikan dan jeruk khas Jeju.

Selain mendorong kerja sama Jeju dengan Sulut, Megawati yang berada di Korea Selatan dalam rangka pembukaan Jeju Peace Forum 2022 itu juga melangsungkan pembicaraan terkait perdamaian.

"Menurut saya, sudah tepat Pulau Jeju mendeklarasikan diri sebagai pulau untuk perdamaian," ujar Megawati.

Baca juga: Megawati beri salam "saranghaeyo" saat berfoto bersama di Jeju

Dia menceritakan pengalaman panjangnya berhubungan dengan Korea. Dia mengaku diminta sebagai menjadi utusan khusus (special envoy) pembicaraan damai dengan Korea Utara sejak kepemimpinan mantan presiden Korea Selatan Kim Dae Jung.

"Dan semalam dalam dinner, kebetulan bertemu Pak Ban Ki Moon (Sekjen ke-8 PBB ), saya mendorong juga hal singkat bahwa bagaimana persoalan ini menjadi concern karena sebenarnya banyak perhatian dari dunia mengenai masalah Korea Utara dan Selatan," kata Megawati.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang ikut mendampingi Megawati, mendorong agar terjalin kerja sama sister city antara Jeju dengan Sulawesi Utara.

"Sulut itu pariwisatanya tak kalah dari Bali," kata Olly.

Sementara itu, Young-Hun mengungkapkan pihaknya sedang menjajaki kemungkinan menjalin perjanjian sister city dengan Sulut. Dia menyambut baik dan mendorong hubungan dengan Indonesia terjalin lebih berkualitas.

"Sebenarnya kami ada perjanjian sister city dengan Bali. Kalau Pak Olly berkenan, (Jeju) bisa sister city juga dengan Sulawesi Utara. Jika kita bisa bikin jalur kelautan antara Jeju dengan Sulut, pasti kami akan sangat senang sekali," kata Young-Hun.

Dia juga mendukung rencana penandatanganan Letter of Intent antara Jeju Air dengan Sulut tentang penerbangan langsung dari Jeju ke Manado.

Baca juga: Megawati bertemu Gubernur Jeju dorong kerja sama riset dan perdagangan
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022