sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di DKI Jakarta untuk memberi dukungan sebagai tuan rumah
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah atlet peserta Piala Dunia Panjat Tebing bertajuk 'IFSC Climbing World Cup Indonesia 2022' dari berbagai negara mulai berlatih di Gelanggang Olah Raga (GOR) Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan.

"Negara yang sudah hadir seperti Jepang, Rusia, Amerika kini mulai berlatih di GOR Soemantri Brodjonegoro," kata perwakilan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DKI Jakarta Richard Achmad saat ditemui di SDN Mampang Prapatan 02 Pagi, Jakarta, Kamis.

Richard menambahkan FPTI yang dipercaya sebagai penyelenggara kejuaraan Dunia Panjat Tebing (DPT) sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di DKI Jakarta untuk memberi dukungan sebagai tuan rumah.

Adapun kegiatan ini  akan diresmikan  Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri  Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 24 September.

Nanti perhelatan ini tak hanya sekedar olahraga,  Richard berharap bisa menjadi peluang bagi Pemprov DKI Jakarta untuk memperkenalkan  wisata olahraga (sport tourism).

"Harapannya kita juga mengenalkan sport tourism di Jakarta. Nanti kita ajak mereka keliling setelah kejuaraan dunia," tuturnya.

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) menyiapkan 42 atlet terbaik untuk turun dalam Piala Dunia Panjat Tebing 2022 atau ISFC World Cup Jakarta 2022 di Lot 16-17 SCBD, Jakarta pada 24-26 September.

Jumlah tersebut terdiri dari 22 atlet untuk nomor speed (12 putra dan 10 putri) serta 20 atlet (10 putra dan 10 putri) yang bersaing di nomor lead.

Ketua Umum FPTI Yenny Wahid dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu, mengatakan ajang panjat tebing IFSC rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kali ini, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah karena dinilai mampu melaksanakan kegiatan kelas dunia tersebut.
Baca juga: Panjat tebing ditargetkan jadi ekstrakurikuler sekolah di Jaksel
Baca juga: Indonesia turunkan 42 atlet dalam Piala Dunia Panjat Tebing 2022
Baca juga: FPTI pastikan Piala Dunia Panjat Tebing 2022 bergulir di Kawasan SCBD

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022