Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar acara zikir dan selawat bersama Habib Syech dan Gus Ali dalam rangka Haul Kyahi Ageng Gribig di Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Kamis malam.

"Beliau (Airlangga Hartarto) memang rutin menggelar haul untuk leluhurnya, Kiai Ageng Gribig, agar nilai atau spirit perjuangannya terus menginspirasi," kata Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Nusron Wahid dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Airlangga akan hadir bersama Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, K.H. Agus Ali Masyhuri (Gus Ali), dan Wakil Ketua Umum PBNU K.H. Nusron Wahid.

Acara zikir dan selawat diselenggarakan di Oro-oro Yaqowiyyi, depan Pasar Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, dan akan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Majelis Ahlul Hidayah.

Nusron yang juga selaku pimpinan Majelis Ahlul Hidayah mengungkapkan bahwa tema haul kali ini adalah Malam Grebeg Sebaran Apem Yaa Qowiyyu "Winayang Bajra Thrustaning Rat".

Tradisi sebaran apem yang diadakan di Desa Jatinom, Klaten dalam Haul Kyahi Ageng Gribig diselenggarakan pada hari Jumat terakhir pada bulan Safar.

Tradisi tersebut dikaitkan dengan kisah Kyahi Ageng Gribig, yang dipercaya sebagai juru dakwah dari Wali Songo, keturunan Raja Bhrawijaya V dari keraton Majapahit, ketika melakukan ibadah haji ke Mekah. Di sana sia mendapatkan apem yang ketika dibawa sampai ke Jatinom untuk dibagikan ke anak-anaknya masih hangat.

Namun, karena yang dibawa hanya 3 buah apem dan kurang, Kiai Ageng Gribig meminta kepada Allah Swt.  agar apem tersebut bisa berlipat jumlahnya.

"Selain ketakziman kepada beliau sebagai ulama besar penyebar Islam di tanah Jawa, dan juga tokoh pejuang, Pak Airlangga Hartarto sebagai salah satu keturunannya dan saat ini diberikan amanah di pemerintah, tentu berkepentingan agar tradisi-tradisi semacam ini bisa dijaga dan memberikan spirit yang positif bagi masyarakat," kata Nusron.

Maka dari itu, ucap Nusron, Airlangga menghadirkan Habib Syech dan Gus Ali agar rangkaian haul makin menambah semangat jemaah yang hadir sekaligus dengan tetap menjaga kekhidmatan dalam gelaran zikir dan lantunan selawat.

Baca juga: Menko Airlangga dorong peran penting pesantren majukan ekonomi umat
Baca juga: Airlangga ingatkan pemda bersiap inflasi di atas pertumbuhan ekonomi


Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022