Di seluruh Indonesia telah tersalurkan kurang lebih 40 persen
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa jajarannya terus mendorong percepatan penyaluran bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) bagi kalangan masyarakat penerima manfaat di seluruh Indonesia, yang saat ini telah mencapai 40 persen.

Hal itu disampaikan saat Presiden meninjau langsung penyerahan BLT BBM, sembako, dan BLT bagi peserta program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Cabang Pembantu Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kamis.

"Di seluruh Indonesia telah tersalurkan kurang lebih 40 persen, memang masih banyak yang belum, masih 60 persen. Ini akan terus kita dorong agar itu bisa segera cepat selesai," katanya dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Presiden juga memastikan bahwa BLT BBM tersebut akan diserahkan kepada seluruh masyarakat penerima manfaat hingga ke pelosok Tanah Air, sebagaimana yang ia tinjau di Maluku Barat Daya, salah satu kepulauan terluar Indonesia.

Baca juga: Presiden tinjau langsung penyerahan bansos di Kepulauan Aru

Baca juga: Pemerintah siapkan data terbaru warga yang layak terima BLT BBM


"Ini Kabupaten Maluku Barat Daya termasuk kepulauan terluar yang berdekatan dengan Timor Leste, yang berdekatan juga dengan Australia," katanya.

Kegiatan yang ditinjau langsung Presiden Jokowi menandai dimulainya penyerahan BLT BBM di Maluku Barat Daya.

"Ini sudah kita serahkan BLT BBM di wilayah ini telah dimulai," ujarnya.

Ibu Negara Iriana Jokowi turut serta mendampingi Presiden dalam kegiatan peninjauan dan penyerahan BLT BBM di Kantor Pos Moa.

Selain itu hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach.

Sebelumnya, Presiden juga sempat meninjau dan menyerahkan langsung BLT BBM beserta sejumlah bantuan sosial lain di Kabupaten Kepulauan Aru pada Kamis lebih dini dan sehari sebelumnya di Kantor Pos Tual, Kabupaten Maluku Tenggara.

Baca juga: Presiden: BLT BBM disalurkan di semua kabupaten/kota pekan depan

Baca juga: Presiden: Penyaluran BLT BBM berjalan baik

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022