Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kualitas layanan data di seluruh wilayah terpencil termasuk di Provinsi Aceh, seperti di Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Simeulue.

Hingga dua tahun terakhir ini, XL Axiata terus melakukan penguatan jaringan di ketiga kabupaten yang saling bersebelahan tersebut, seiring dengan terus meningkatnya kebutan data pelanggan di sana.

"Meskipun areanya cukup terpencil, nyatanya trafik data di sana terus tumbuh karena itu kami juga terus perkuat kualitas jaringannya dan juga perluas jangkauannya," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: XL Axiata bantu UMKM optimalkan bisnis dengan Kartu Biz Avana

Desy menambahkan, penguatan jaringan tersebut sekaligus menunjukkan keseriusan perusahaan sebagai penyedia layanan internet tercepat bagi pelanggan dan masyarakat. “XL Axiata Ada Untuk Indonesia”.

Saat ini, di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, jaringan 4G perusahaan telah menjangkau 117 desa dan 11 kecamatan. Di Kabupaten Aceh Singkil, menjangkau 57 desa dan 7 kecamatan. Lalu di Kabupaten Simeulue, telah menjangkau 21 desa dan 3 kecamatan. Jumlah ini berpotensi akan terus tumbuh mengingat semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memanfaatkan layanan data guna mendukung aktivitas dan produktivitas sehari-hari.

Menurut Desy, perusahaan akan terus melakukan penambahan kapasitas link transmisi dan penambahan kapasitas BTS agar kualitas jaringan berkualitas. Dalam dua tahun terakhir, peningkatan trafik terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Simeulue. Di ketiga area itu, trafik meningkat antara 100 persen hingga 900 persen.

“Pertumbuhan trafik data tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas digital masyarakat yang semakin menjadi bagian dari keseharian mereka. Tercatat, per kuartal kedua 2022, perusahaan memiliki lebih dari 700 ribu pelanggan di provinsi Aceh dan terus bertumbuh secara dinamis,” kata Desy.

Baca juga: Axiata-XL Axiata akuisisi 66,03 persen Saham Link Net

Di Kabupaten Simeulue, perusahaan memiliki 4 BTS 4G, di Kabupaten Aceh Singkil ada 9 BTS 4G, dan di Kabupaten Aceh Selatan, 22 BTS 4G. Di seluruh Provinsi Aceh, jaringan XL Axiata ditopang oleh lebih dari 2.300 BTS, yang terdiri dari 1.360 BTS 4G. Jumlah tersebut termasuk BTS yang ada di pulau-pulau terpencil seperti Simeulue, Sabang, Breueh, dan Nasi yang ada di perairan Samudera Hindia.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna layanan XL Axiata, penguatan jaringan di Provinsi Aceh akan dilakukan sepanjang tahun. Baik untuk meningkatkan kualitas jaringan atau menambah ke area-area baru. Dari sisi produk, perusahaan menyediakan paket-paket layanan data melalui kartu XL dan AXIS yang disesuaikan dengan kebutuhan beragam segmen pelanggan.

Secara keseluruhan saat ini kemudahan dan kenyamanan akses layanan data XL Axiata didukung dengan jaringan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara.

Total sebanyak lebih dari 144 ribu BTS, di antaranya lebih dari 88 ribu BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 130 ribu kilometer, menopang kekuatan jaringan untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga: XL Axiata-Microsoft Indonesia tingkatkan keahlian digital perempuan

Baca juga: XL Axiata dukung pemerintah perluas jaringan telekomunikasi

Baca juga: XL Axiata gelar RUPSLB minta persetujuan penambahan modal

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022