Kami mewakili warga Kecamatan Cilincing juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan program pemberian STB gratisnya
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) dari Grup Viva TVOne membagi-bagikan secara gratis perangkat pendukung siaran televisi digital (set top box/ STB) jenis T2  bernomor sertifikasi 77923/SDPPI/2021 dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika kepada 2.711 warga Cilincing, Jakarta Utara, Kamis.

Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Jakarta Utara Herlinda Harmaini dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan STB gratis dibagikan LPS dari grup Viva TVOne kepada warga prasejahtera bertempat di Kantor Kecamatan Cilincing dengan memperlihatkan KTP dan KK.

"Kami mewakili warga Kecamatan Cilincing juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan program pemberian STB gratisnya untuk masyarakat. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mendukung percepatan migrasi siaran televisi analog ke digital," kata Herlinda.

Sebelumnya, Kementerian Kominfo meminta penyelenggara multipleksing untuk mempercepat pendistribusian set top box (STB) gratis kepada masyarakat miskin agar pelaksanaan migrasi TV analog ke TV digital atau dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO) berjalan lancar, Jumat (2/9).

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia juga meminta penyelenggara multipleksing untuk menggencarkan sosialisasi ASO di saluran TV-TV analog agar semakin mudah masyarakat berpindah ke siaran TV digital.

Geryantika mengatakan sebanyak 6,7 juta set top box akan dibagikan gratis kepada masyarakat miskin. Dari jumlah tersebut, penyelenggara multipleksing berkomitmen menyediakan 4,2 juta unit set top box, sedangkan 2,5 juta unit sisanya disediakan oleh pemerintah.

Dia mengungkapkan, Grup Viva memiliki komitmen pendistribusian STB sebanyak 150 ribu unit lebih, namun yang baru selesai pembagiannya per Agustus sebanyak 7.300 unit.

Warga senang
Warga Cilincing mengaku senang menerima STB secara gratis yang dibagikan di Kantor Kecamatan Cilincing, Kamis (15/9). Dengan diterimanya STB ini diharapkan dapat menerima siaran televisi yang lebih baik.

"Harapannya gambar televisi di rumah dapat lebih baik dari sebelumnya dengan adanya STB ini. Saya mengucapkan terimakasih kepada Kecamatan Cilincing dan tvOne yang sudah membagikan STB ini," ujar warga RT 4 RW 3 Cilincing Asep Hariyanto.

Senada Warga Rusun Cilincing, Prihatin, pun bersyukur bisa memperoleh STB secara gratis.

"Alhamdulillah, saya sangat senang. Mudah-mudahan STB ini bisa bermanfaat buat kita semua di rumah," kata Prihatin.

Untuk diketahui, pembagian STB itu merupakan komitmen dari PT Visi Media Asia Tbk (Group VIVA) melalui TVOne sebagai Lembaga Penyiaran Swasta untuk mendukung analog switch off (ASO).
Baca juga: PT INTI produksi Set Top Box TV Digital capai 58 ribu dalam dua pekan
Baca juga: Kemenkominfo sebut ASO penting untuk efisiensi frekuensi
Baca juga: Kominfo pastikan ASO tidak lagi dilaksanakan dalam tiga tahapan

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022