Beijing (ANTARA) - Karnaval Sains Beijing (Beijing Science Carnival) memamerkan secara langsung kapsul pembawa pulang (return capsule) Shenzhou-13, yang mengangkut tiga taikonaut stasiun luar angkasa China untuk kembali ke Bumi setelah perjalanan orbit selama enam bulan.

Ini adalah kali pertama kapsul tersebut dipamerkan kepada publik sejak mendarat pada 16 April lalu. Parasut wahana antariksa itu dan puing-puing roket pengangkut Long March-3A juga dipamerkan di Pusat Ilmu Pengetahuan Beijing (Beijing Science Center).

Karnaval sains tersebut, yang dimulai pada Kamis (15/9), akan menawarkan kesempatan kepada para penggemar ilmu pengetahuan untuk berinteraksi dengan pencapaian-pencapaian sains-teknologi terbaru China.

Elemen-elemen stasiun luar angkasa sangat ditonjolkan dalam acara yang akan berlangsung hingga 30 September itu.

Pengunjung dapat menjajal pengalaman imersif tentang modul inti stasiun luar angkasa China yang mengorbit, Tianhe, dan modul laboratorium yang baru diluncurkan, Wentian, menggunakan perangkat realitas virtual.

Peralatan fitting, toilet, kabin tidur, serta kabinet eksperimen yang berkaitan erat dengan kehidupan dan pekerjaan para taikonaut juga dipamerkan kepada publik, demikian Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022