Banjarbaru (ANTARA) - Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto menekankan keberadaan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang baru nantinya dapat meningkatkan kinerja anggota baik dalam pelayanan publik maupun penegakan hukum.

"Kantor baru tentunya harus semangat baru, jangan justru menjadi kendor. Pimpinan harus mengingatkan hal ini," kata Agung di Banjarbaru, Jumat.

Irwasum Polri meninjau pelaksanaan pembangunan gedung Mapolda Kalsel di Banjarbaru yang rencananya selesai akhir tahun ini.

Selain gedung utama, juga sedang dilakukan pembangunan masjid, gereja, gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan pembangunan pagar.

Agung berharap seluruh proyek pembangunan yang tengah dikerjakan dapat rampung tepat waktu sehingga bisa segera digunakan sesuai rencana awal.

"Polri berterima kasih kepada semua pihak di Kalsel yang telah mendukung terealisasinya pembangunan Mapolda ini karena telah lama diimpikan untuk pelayanan kepolisian yang lebih baik kedepannya," ujar jenderal bintang tiga itu.
 
Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto meninjau pembangunan Mapolda Kalsel di Banjarbaru. (ANTARA/Firman)


Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan pembangunan fisik Mapolda Kalsel di kawasan perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Jalan Trikora Banjarbaru di atas lahan seluas lebih kurang 10 hektar itu dijadwalkan selama 270 hari kerja sejak 28 Maret 2022 hingga 19 Desember 2022.

Selain pagu anggaran mencapai Rp130 miliar lebih, Pemerintah Provinsi bersama pemerintah kabupaten dan kota se-Kalimantan Selatan juga menghibahkan dana Rp5,5 miliar untuk membantu pembangunan sarana prasarana penunjangnya.

Diketahui gedung Polda Kalsel yang saat ini di Jalan S Parman Banjarmasin akan dijadikan Markas Polresta Banjarmasin. Sedangkan Polresta Banjarmasin di Jalan Ahmad Yani Km 3,5 Banjarmasin, bakal dijadikan Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin seluruhnya.

Baca juga: Polisi minta tahanan kabur di Banjarmasin menyerahkan diri
Baca juga: Polresta Banjarmasin kawal demo mahasiswa di tengah guyuran hujan
Baca juga: Polda Kalsel tetapkan satu tersangka "skimming" Bank Kalsel

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022