“Itu cukup bagus dan perlu mendapatkan apresiasi," ujarnya.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Robi Sugara menilai Presiden Jokowi merupakan sosok pemimpin sederhana dan berprestasi.

"Walaupun penampilan Presiden Jokowi sederhana, tetapi hasil pekerjaannya sangat berprestasi,” katanya dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan keberhasilan Jokowi mengakuisisi PT Freeport Indonesia merupakan prestasi besar yang patut diapresiasi. Selain itu, Presiden Jokowi juga mampu menggenjot perusahaan-perusahaan plat merah hingga mengalami kemajuan yang signifikan.

“Itu cukup bagus dan perlu mendapatkan apresiasi," ujarnya.

Selain itu kata dia, keberhasilan Jokowi juga diakui oleh Prabowo Subianto yang merupakan mantan lawan politiknya di Pilpres 2014 dan 2019. Meskipun sempat menunjukkan rivalitas yang sengit, Ketua Umum Partai Gerindra itu beberapa kali melemparkan pujiannya di hadapan publik dan mengakui kepemimpinan Jokowi.

"Ini bisa menjadi panutan bagi kepemimpinan Indonesia selanjutnya," katanya.

Dia mengatakan pernyataan Prabowo dalam setiap kali pidatonya mengapresiasi gaya kepemimpinan-nya Jokowi dan sering mengatakan Jokowi seorang pekerja keras.

"Jokowi betul-betul bekerja untuk negeri ini,” ujarnya.

Robi meyakini di dua tahun akhir masa kerjanya, Presiden Jokowi mampu menyelesaikan masalah ekonomi dan politik bangsa.

“Dua tahun ke depan saya masih yakin betul Jokowi akan melewati-nya. Yang sekarang ditakutkan oleh dunia pasca dampak dari perang Rusia dan Ukraina, tetapi Indonesia bisa melewati masalah itu," jelasnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022