Sebanyak 380 personel pasukan penerjun terbaik TNI AD, akan ikut andil dalam Latgabut 2022 ini dan akan melaksanakan pendaratan penerjunan di Desa Pengembur
Praya, NTB (ANTARA) - Ratusan anggota TNI AD akan terbang di langit Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka latihan gabungan utama lintas udara (Latgabut) yang akan digelar pada hari Sabtu (17/9)  2022 di Desa Pengembur.

"Sebanyak 380 personel pasukan penerjun terbaik TNI AD, akan ikut andil dalam Latgabut 2022 ini dan akan melaksanakan pendaratan penerjunan di Desa Pengembur," kata Dandim 1620 Lombok Tengah, Letkol (Inf) I Putu Tangkas Wirawan di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat.

Ia mengatakan sejumlah personel sedang melakukan persiapan hamparan persawahan di Desa Pengembur, Kecamatan Pujut yang akan di jadikan sebagai lokasi pendaratan ratusan personel pasukan penerjun TNI AD.

Lokasi pendaratan pasukan penerjun yang disiapkan oleh pihaknya merupakan wujud dukungan Kodim 1620 Lombok Tengah dalam mensukseskan pelaksanaan latihan gabungan TNI AD.

"Persiapan demi persiapan sedang dan sudah dilaksanakan baik dari Kodim sebagai pendukung maupun para personel penerjun TNI AD untuk menyiapkan diri dan perlengkapan untuk melaksanakan latihan penerjunan," katanya.

Ia mengatakan, saat ini para personel penerjun sudah tiba di Lombok dan akan melakukan persiapan untuk menyiapkan diri dan perlengkapan yang akan menunjang dalam pelaksanaan latihan.

Selain itu, para personil penerjun akan "take-off" dari Bandara Lombok dengan menggunakan dua pesawat Hecules untuk melaksanakan penerjunan, dengan menggunakan perlengkapan militer dan akan melaksanakan "landing" terjun pada titik yang sudah di tentukan di wilayah Desa Pengembur.

"Jadi hari Sabtu (17/9) pagi nanti kita akan sama sama melihat dan menyaksikan langit Lombok Tengah khususnya Desa Pengembur akan di penuhi oleh para penerjun payung TNI, sekilas di liat dari bawah akan seperti ubur ubur di lautan," katanya.

Ia berharap dengan adanya latihan gabungan utama lintas udara TNI AD ini bisa menjadi daya tarik masyarakat sekitar dan motivasi para pemuda pemudi Lombok Tengah ikut ambil bagian sebagai motivasi untuk memberikan bukti kedekatan TNI dengan rakyat.

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat," demikian I Putu Tangkas Wirawan.

Baca juga: Latihan Super Garuda Shield 2022 resmi dibuka

Baca juga: TNI akan latihan gabungan dengan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat

Baca juga: RI ajak Malaysia, Singapura latihan gabungan tentara bersama Australia

Baca juga: Panglima TNI sambut usul India tingkatkan kerja sama latihan gabungan



 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022