Kami akan siapkan wajah baru pada saat perayaan Hari Batik Nasional 2022 agar pengunjung lebih nyaman melihat koleksi batik kuno,
Kota Pekalongan, Jateng (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap memamerkan sekitar 1.200 koleksi batik kuno pada acara Hari Batik Nasional 2022 yang akan dilaksanakan 2 Oktober mendatang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Museum Batik Pekalongan Akhmad Asror di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya siap menyukseskan Hari Batik Nasional 2022 dengan mengubah nuansa ruang pamer dengan konsep stori berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Kami akan siapkan wajah baru pada saat perayaan Hari Batik Nasional 2022 agar pengunjung lebih nyaman melihat koleksi batik kuno," katanya.

Pihaknya akan melakukan rotasi ruang pamer untuk diganti dengan konsep berbeda, batik yang dipamerkan (display), dan koleksi batik.

Hingga kini, kata dia, koleksi batik yang terdisplay di ruang pamer sekitar 90 dari total keseluruhan sebanyak 1.200 koleksi batik.

Ahmad Asror mengatakan penataan kembali atau rotasi koleksi batik juga dimaksudkan agar seluruh koleksi batik yang disimpan di museum batik bisa ditampilkan dan dinikmati oleh pengunjung.

"Jadi meski dengan keterbatasan luas ruang pamer, kami akan menyiasati dengan rotasi koleksi agar pengunjung bisa melihat seluruh koleksi batik," katanya.

Ia mengatakan dalam rangkaian Hari Batik Nasional 2022, pihaknya juga akan menggelar lomba membatik bagi pelajar agar nantinya mereka bisa ikut melestarikan warisan budaya ini.

"Kami akan berkolaborasi dengan para pembatik melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Batik Kota Semarang," demikian Ahmad Asror.

Baca juga: Pedagang batik Pekalongan terdampak pandemi berkepanjangan

Baca juga: Pemkot Pekalongan-UI lakukan finalisasi indikasi geografis batik

Baca juga: Museum Batik Pekalongan didorong tambah koleksi untuk daya tarik

Baca juga: Pemkot gelar "Pekalongan Batik Night Market"

Pewarta: Kutnadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022