Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Eropa jatuh pada pembukaan perdagangan Jumat, karena peringatan resesi dan taruhan kenaikan suku bunga besar dari Federal Reserve (Fed) AS minggu depan merobohkan sentimen.

Indeks STOXX 600 di seluruh benua itu merosot 1,0 persen beberapa saat setelah bel pembukaan, menatap penurunan lebih dari 2,0 persen untuk minggu ini.

Semua indeks sektoral utama Eropa lebih rendah pada pukul 07.11 GMT, dengan sektor travel & leisure memimpin penurunan.

Baca juga: Saham Eropa merosot ke terendah 7 minggu, pasar khawatir bunga naik

Bank Dunia mengatakan Kamis (15/9/2022) malam bahwa ekonomi global mungkin beringsut menuju resesi karena bank-bank sentral secara agresif mengatasi inflasi yang persisten, menambah kekhawatiran menjelang pertemuan The Fed minggu depan.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pihaknya memperkirakan perlambatan pada kuartal ketiga, sambil memperingatkan bahwa beberapa negara diperkirakan akan tergelincir ke dalam resesi pada tahun 2023.

Saham perusahaan importir gas Jerman yang sedang sakit Uniper SE jatuh 9,4 persen ke dasar STOXX 600, karena berjuang untuk mengimbangi biaya setelah penghentian tiba-tiba pipa gas alam utama oleh Rusia pada awal bulan.

Baca juga: IHSG akhir pekan melemah, pasar antisipasi tertekannya ekonomi global

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022