Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa Partai Demokrat mengusung kriteria "perubahan dan perbaikan" untuk mencalonkan presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Koalisi dan pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) harus sesuai kriteria dan tema perjuangan politik Demokrat 2024, perubahan dan perbaikan," kata AHY ketika membacakan pidato kebangsaan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Jumat.

Adapun terkait kriteria capres-cawapres, tutur AHY melanjutkan, di samping harus memiliki integritas, pasangan itu harus memiliki dukungan terkuat dari rakyat.

AHY melanjutkan, tak kalah pentingnya bagi Demokrat agar pasangan capres dan cawapres harus memiliki chemistry, memiliki kekuatan hati dan energi yang saling percaya, saling menguatkan, dan saling melengkapi.

"Demokrat siap mencalonkan kader utamanya menjadi bagian capres cawapres yang diusung," ucap AHY.

Baca juga: AHY: Demokrat jangan terjebak politik identitas

Baca juga: AHY harap tren positif elektabilias Demokrat jadi semangat kader


Dalam pidatonya, AHY mengatakan bahwa selaras dengan hak politik Partai Demokrat, pihaknya ingin membangun koalisi dengan partai lain, serta mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Terkait dengan koalisi, AHY pun menyatakan bahwa kriteria koalisi Partai Demokrat adalah partai politik yang memiliki semangat perubahan dan perbaikan.

"Saat ini, Demokrat tengah intens membangun komunikasi dengan dua partai yang juga bersemangat membangun perubahan," ujar AHY.

"Pintu untuk melakukan perubahan dan perbaikan terbuka lebar. Partai Demokrat harus menjadi motor perubahan ini," tuturnya melanjutkan.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan bahwa tujuan dari digelar-nya Rapimnas Partai Demokrat ini adalah untuk mendengarkan aspirasi yang berasal dari masing-masing daerah.

Adapun hasil dari rapimnas ini merupakan rekomendasi yang akan dikomunikasikan kepada Majelis Tinggi Partai (MTP) dan dikomunikasikan kepada para calon partai koalisi.

Rapimnas Partai Demokrat merekomendasikan AHY untuk ikut di dalam Pilpres 2024 sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden.

"Aspirasi kader dari seluruh Indonesia yang hadir di sini yang merupakan para pimpinan struktur partai dari pusat, provinsi, sampai kabupaten-kota, dan juga para wakil rakyat Partai Demokrat yang mencapai 3.000-an orang hadir, yang memang menginginkan mengusung Mas AHY sebagai capres atau cawapres di Pilpres 2024. Tapi ini aspirasi kader dan para pimpinan partai dari seluruh daerah, bukan keputusan Partai Demokrat saat ini. Ini aspirasi," kata Herzaky.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022