Angka tersebut telah dicapai Pemkot semenjak program ini bergulir pada awal Agustus 2022
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) memastikan sebanyak 172.944 bayi sudah mengikuti imunisasi dalam program Bulan Imunisasi Anak (BIAN).

"Capaian BIAN sudah 172.944 anak atau 95,57 persen dari target 180.969," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari, saat ditemui di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat.

Angka tersebut telah dicapai Pemkot semenjak program ini bergulir pada awal Agustus 2022 lalu.

Erizon menjelaskan pelaksanaan imunisasi sepanjang BIAN bertujuan agar agar anak-anak mendapatkan ketahanan tubuh dari penyakit Rubella.

Walau capaian sudah 95 persen, Erizon tetap mengimbau seluruh orang tua untuk memberikan imunisasi kepada anaknya di fasilitas kesehatan milik pemerintah terdekat.

"Kita imbau untuk para orang tua agar berkenan mengikutsertakan putra-putrinya dalam program imunisasi demi kesehatan," jelas dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengejar target imunisasi anak usia 9 sampai 59 bulan sebanyak 715.782 selama program BIAN yang berlangsung pada Agustus, 2022.

"Sasarannya adalah balita 9 bulan sampai 59 bulan yang jumlahnya 715.782 anak," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti dalam paparannya di depan gedung RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8).

Untuk mengejar target itu, Pemprov DKI Jakarta sudah menetapkan target harian agar bisa mencapai angka 715.782 anak hingga akhir Agustus ini.

"Target harian sekitar 35.789 anak," kata dia.

Di saat yang sama, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengimbau seluruh orang tua agar membawa anaknya untuk mengikuti program imunisasi.

Tidak hanya kepada anak sendiri saja, warga juga harus peka terhadap kondisi anak jalanan yang dinilai membutuhkan sentuhan imunisasi.

"Tanyakan ke orang tua lain apakah anaknya sudah dapat imunisasi apa belum? Tanyakan pada anak-anak kalo ketemu, kalian sudah imunisasi apa belum?," kata dia.

Dengan sikap kepekaan itu, Anies yakin seluruh warga DKI Jakarta bisa saling bahu membahu dengan pemerintah provinsi untuk menyukseskan program imunisasi anak bulan ini.
Baca juga: Istri Wagub DKI ajak para ibu untuk sukseskan program BIAN
Baca juga: 86 persen anak di Jakarta Barat sudah terima imunisasi
Baca juga: Cikoko jemput bola warga demi percepat program imunisasi anak

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022