Presiden sangat perhatian kepada UMKM, karena presiden paham betul bahwa UMKM itu sebagai "backbone" ekonomi nasional....
Pangkalpinang (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko memberikan semangat kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, agar semakin berkembang dan dapat berkontribusi dalam peningkatan perekonomian di kota itu.

"Presiden sangat perhatian kepada UMKM, karena presiden paham betul bahwa UMKM itu sebagai "backbone" ekonomi nasional. Untuk itu, saya harap UMKM di Pangkalpinang dapat terus berkembang sehingga bisa turut mendongkrak perekonomian kita," kata Moeldoko di Pangkalpinang, Jumat.

Hal ini dikatakan Moeldoko seusai melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Kubah Timah di Pangkalpinang.

Baca juga: Moeldoko apresiasi pembangunan Masjid Kubah Timah Pangkalpinang

Menurut dia, pada saat terkena dampak COVID- 19, UMKM masih bisa bertahan walaupun sebagian agak goyang, tetapi begitu goyang Presiden buru-buru memberikan kucuran modal sebesar Rp2,4 juta kepada puluhan ribu pelaku UMKM.

"Presiden ingin tidak ada  UMKM yang kolaps, dan Alhamdulillah dengan bantuan modal tersebut, ternyata UMKM bisa bertahan dengan baik," katanya.

Baca juga: LKPP: Produk UKM dominasi e-katalog belanja pemerintah

Moledoko mengatakan pada pertemuan beberapa minggu lalu, Presiden mengumpulkan para pelaku UMKM dan penekanannya hanya dua, yaitu pertama UMKM harus naik tingkat dari mikro menjadi kecil, yang kecil menjadi menengah, sedangkan yang kedua, UMKM harus memasuki dunia digital

"Untuk itu saya sangat tertarik hadir di Pangkalpinang, karena pada kegiatan HUT Pangkalpinang ditampilkan festival makanan milenial yang melibatkan para pelaku UMKM. Insya Allah nanti malam saya bersama Wali Kota akan mengunjungi dan berada di tengah-tengah mereka untuk memberikan motivasi agar mereka terus berkembang dan maju," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022