Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini, wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu memiliki bangunan-bangunan baru
Jakarta (ANTARA) - Vice President Corporate Secretary JakPro Syachrial Syarif mengatakan Jakarta Maritim Fest mengkampanyekan "Teluk Jakarta Untuk Semua" dengan mengangkat kehidupan sosial budaya masyarakat pesisir Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu  yang inklusif, terbuka, dan majemuk.

"Harapannya, event akan berlangsung setiap tahun dan menjadi salah satu agenda Jakarta. Mengingat Jakarta merupakan salah satu kota terbesar di belahan bumi selatan yang memiliki akar sejarah bermula dari kehidupan sosial budaya masyarakat pesisir yang inklusif, terbuka, dan majemuk," kata Syachrial dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Secara geografis, Teluk Jakarta merupakan wilayah strategis. Sejak dahulu, Teluk Jakarta merupakan salah satu rute yang sibuk karena menjadi pusat perdagangan lintas benua maupun lintas samudera.

"Adanya Jakarta Maritim Fest menjadi momentum yang tepat dan cukup penting untuk mengembalikan narasi-narasi tersebut," kata Syachrial.

"Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini, wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu memiliki bangunan-bangunan baru yang juga berfungsi sebagai pusat aktivitas masyarakat, seperti pantai Kita Maju Bersama (KMB) dan Jakarta International Stadium (JIS)," lanjut Syachrial.

Di sisi lain, kata Syachrial, ajang Jakarta Maritim Fest juga melibatkan komunitas-komunitas, Satuan Kerja Perangkat Daerah Kewilayahan, hingga masyarakat sekitar guna mengukuhkan keberadaan Pantai KMB sebagai salah satu ruang ketiga yang dapat dioptimalkan oleh seluruh elemen masyarakat, komunitas, maupun masyarakat pada umumnya.

“Ajang ini mengingatkan kembali terkait peran penting masyarakat maritim sebagai benteng terdepan kota yang memiliki sejarah yang panjang nan jaya. Harapannya kegiatan ini menjadi pemantik atas event-event serupa yang mengedepankan unsur kolaborasi bersama komunitas dan memberdayakan serta memberikan manfaat bagi warga sekitar,” kata Syachrial.

Adapun pihak-pihak yang turut terlibat dalam kegiatan antara lain Migas Hulu Jabar Offshore-North West Java atau MUJ ONWJ, Sharp Indonesia, Bank Indonesia (BI) perwakilan SKPD Provinsi DKI Jakarta dan Bank DKI.

Sedangkan komunitas yang terlibat dalam kegiatan yaitu: Yayasan Pewaris Negeri, Yayasan Jakarta Maju Bersama, Yayasan Nuansa Jakarta, Sekolah Pantai Indonesia, Komunitas Mahasiswa Kepulauan Seribu, Abang None Jakarta Utara, Abang None Kepulauan Seribu, Forum UMKM Penjaringan, Pemuda Pemudi Muara Angke, Forum Muda Kepulauan Seribu, Yayasan Jejak Seribu, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Penjaringan, dan Komunitas Klinik Sampah Terapi Pijat.

PT Jakarta Propertido (Perseroda) atau JakPro bersama komunitas-komunitas dari beragam kegiatan berkolaborasi menghadirkan Jakarta Maritim Festival yang akan berlangsung di Pantai Maju, Jakarta Utara.

Rangkaian kegiatan dimulai sejak akhir Agustus hingga akhir September ini, mulai dari kegiatan sebelum acara yang sudah mulai berlangsung seperti lomba membuat video adu pantun dan kearifan lokal dengan tema 'Bangga dengan Pesisir Jakarta'.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan lokakarya pengolahan hasil perikanan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak Angke Interatif pada Sabtu (17/9), dan diikuti keesokan harinya dengan kegiatan konservasi alam dengan tema Jaga Laut Kita yang berlangsung di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Beragam aktivitas kampanye dengan tema Teluk Jakarta Untuk Semua berhadiah suvenir Jakarta Maritim Fest hingga kini dapat diikuti publik lewat media sosial Instagram @Jakarta_maritimfest dan akun resmi @Jakprogroup.

Adapun puncak acara Jakarta Maritim Fest akan berlangsung pada 24-25 September 2022 di Jalasena, Pantai KMB, Jakarta Utara.

Acara yang akan berlangsung pada Sabtu (24/9) antara lain Festival Layang-layang Hias, Bazar UMKM, serta Festival Musik Pesisir.

Di hari berikutnya, Minggu (25/9), akan digelar Gowes di Utara, yakni bersepeda bersama dari Jakarta International Stadium (JIS) ke Gerbang Jalasena, Pantai Maju, Jakarta Utara pada 25 September.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut, peserta mendaftar secara daring terlebih dahulu melalui tautan berikut.

Selain itu juga ada gerak lari mengitari kawasan Pantai Maju dengan panjang rute kurang lebih mencapai lima kilometer (Jakarta Maritim Run 5K),

Festival permainan tradisional Hompimpa Jakarta hingga Festival Musik Pesisir dan Bazaar UMKM yang menyajikan beragam produk olahan ikan dan produk makanan, minuman, maupun kerajinan lainnya juga masih berlangsung pada 25 September.

Di Jakarta Maritim Fest juga terdapat kegiatan bakti sosial dan vaksinasi COVID-19 hasil kolaborasi JakPro dan Sharp Indonesia.

Sharp menghadirkan program ‘Sharp Ada Untukmu’, salah satu kegiatan pertanggungjawaban sosial perusahaan dalam mendukung program pemerintah untuk percepatan pemerataan vaksinasi di Indonesia.

Difasilitasi oleh Human Initiative, program vaksinasi ini akan melayani masyarakat Jakarta Utara selama dua hari yaitu 24 dan 25 September 2022.
Baca juga: Jakarta Maritim Fest hadir di pesisir Jakarta dan Kepulauan Seribu
Baca juga: Imigrasi Priok minta tim PORA dukung pariwisata Kepulauan Seribu
Baca juga: Anggur pun hidup "berdamai" di Pesisir Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022