melibatkan sekitar 30 personel dari tim Damkar
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Jakarta Selatan berkolaborasi dengan Siloam Hospitals TB Simatupang (SHTB) menggelar simulasi penanggulangan dan penyelamatan kebakaran.

"Pelaksanaan gladi penanggulangan kebakaran dan penyelamatan pada bangunan menengah maupun rendah dan kawasan pemukiman di Rumah Sakit Siloam Hospitals TB Simatupang," kata Plt. Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Selatan, Sugeng Wiyono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Sugeng menuturkan gladi tersebut melibatkan sekitar 30 personel dari tim Damkar dengan pendukung empat unit mobil pemadam kebakaran dan 50 staf medis serta non medis SHTB.

Sugeng mengatakan gladi simulasi tersebut juga mengevaluasi sejumlah penilaian berdasarkan partisipasi penghuni, kesigapan tim evakuasi, pemadam lokal, tim penyelamat, dan pendukung atau floor warden.

Kemudian mutu alarm, mutu pengumuman, pengeras suara, keadaan tangga darurat, cara komunikasi, kesigapan tim P3K dan tempat pengungsi atau titik kumpul.

Sementara itu, Direktur  SHTB, dr. Dewi Anggraini mengungkapkan simulasi tersebut merupakan salah satu hal penting bagi rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan yang bermutu.

"Karena mutu pelayanan yang holistik bukan hanya kualitas medis dan layanan tetapi juga keselamatan pasien," ujar Dewi.

Dewi menambahkan latihan gabungan tersebut juga sebagai salah satu upaya Siloam Hospitals Group (SHG) mencegah kebakaran dengan memastikan kesiapan tim tanggap darurat rumah sakit tersebut yang terlatih.

Lalu, sosialisasi prosedur penanganan kebakaran dengan melibatkan pihak Damkar Jaksel melalui simulasi Code Red secara rutin setahun sekali.

Bagi masyarakat yang menerima informasi kebakaran dapat menghubungi nomor darurat Damkar Jakarta Selatan melalui nomor telepon 021-7515054.
Baca juga: Damkar evakuasi sejumlah pohon tumbang di Jakarta Selatan
Baca juga: 19 unit damkar dikerahkan untuk padamkan kebakaran di Cipete Utara
Baca juga: Delapan unit mobil Damkar padamkan rumah terbakar di Manggarai

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022