Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengimbau seluruh partai politik (parpol) di Tanah Air agar sebaiknya mendukung pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks saat ini, seperti ancaman krisis global.

"Bank Dunia juga sekarang memperkirakan akan terjadi resesi pada tahun 2023 sehingga baiknya seluruh parpol memberikan seluruh energi positif," kata Hasto sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Hasto sebut Indonesia merupakan bangsa yang besar dan penguasa iptek

Adapun hal tersebut dia sampaikan kepada wartawan untuk menanggapi adanya penolakan dari partai politik tertentu terkait dengan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM), di sela-sela kegiatan Kongres Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) di Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu.

Hasto mengatakan dia tidak mempermasalahkan apabila ada partai politik yang menolak kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM. Namun, dia mengingatkan kepada partai politik agar tidak kehilangan konteks dalam menolak kebijakan tersebut sehingga mengkritik pemerintah tanpa basis data dan pertimbangan terhadap situasi ancaman krisis global saat ini.

Hasto berpendapat partai politik sepatutnya melihat upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pemerintah dalam mengatasi ancaman krisis global yang dapat mempengaruhi bangsa Indonesia.

Dia menilai Presiden Jokowi telah menorehkan prestasi luar biasa dalam mengelola negara. Bahkan, tambah Hasto, banyak negara yang mengapresiasi perekonomian Indonesia.

Saat ini, sebagaimana yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif bagus dalam tiga kuartal, yakni tumbuh rata-rata di atas 5 persen dan inflasi 4,9 persen, seiring dengan membaiknya penanganan pandemi COVID-19.

Hasto juga menyampaikan bahwa banyak negara yang melihat pemerintahan Jokowi bisa membawa Indonesia ke luar dari krisis.

Oleh karena itu, Hasto menekankan kepada seluruh partai politik agar memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks ke depannya itu.

Baca juga: Hasto tanggapi soal presiden dua periode bisa jadi cawapres
Baca juga: Hasto: Megawati tiba di Jeju sebarkan Pancasila di forum perdamaian
Baca juga: Hasto beberkan rencana bahasan Puan dengan Airlangga dan Prabowo
 

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022