Pemain Persik mainnya bagus, tapi pemain Arema mencoba keluar dari badai dan akhirnya dapat satu peluang
Kediri (ANTARA) - Tim Persik Kediri dipermalukan tim tamu, Arema FC setelah kalah dengan skor 0-1 dalam kompetisi Liga 1 Indonesia 2022/2023 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu petang.

Satu-satunya gol itu dihasilkan oleh Isryad Maulana dari Arema FC. Gol berawal dari tendangan bebas yang diterima Isryad Maulana dan sukses menjebol gawang Persik Kediri, pada menit ke-82.

Sejak awal pertandingan keduanya saling serang. Persik Kediri berambisi meraih poin penuh melawan Arema. Sedangkan, sebagai tim tamu, Arema juga tidak ingin kehilangan poin saat bertanding melawan tim berjuluk macan putih itu.

Baca juga: Pelatih Persik: Derby selalu berbeda sarat dengan rivalitas

Beberapa kali kesempatan diraih Persik sejak peluit babak pertama dibunyikan, namun gagal pada penyelesaian akhir. Hingga babak pertama selesai dan turun minum, skor masih 0-0.

Memasuki babak kedua, tempo permainan juga semakin meningkat. Beberapa kali pelatih harus mengganti pemain. Hingga akhirnya, keputusan pelatih Arema FC memasukkan Isryad Maulana, berhasil menjebol gawang Persik. Skor menjadi 0-1.

Berawal dari sebuah tendangan bebas, Isryad Maulana yang lolos dari jebakan offside pemain Persik Kediri itu, akhirnya menaklukkan kiper Persik Dikri Yusron pada menit ke-82. Skor tersebut bertahan hingga babak kedua selesai. Tambahan waktu lima menit tidak mengubah skor.

Pelatih Persik Kediri Divaldo Alves mengatakan anak asuhnya sudah bermain dengan maksimal. Permainan pada babak kedua juga bagus.

Ia menjelaskan, pada 20 menit awal, tim sebenarnya sudah mulai menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang tercipta tetapi masih terkendala dalam mencetak gol.

"Lepas 20 menit kami bisa kontrol mereka, terus waktu itu kita mulai naik. Ada beberapa situasi yang seharusnya kita mulai selesaikan, bola di depan gawang seharusnya cetak gol. Tapi tim kita saya tidak mengerti permasalahannya apa, kita harus finishing. Saya harus perbaiki situasi ini," kata pelatih asal Portugal ini.

Baca juga: Arema FC siapkan 22 pemain hadapi juru kunci Persik Kediri

Lebih lanjut, Divaldo Alves mengatakan pada babak kedua Persik mulai mengontrol permainan. Ia kemudian menarik keluar gelandang serang Renan Silva. Strategi ini dinilainya cukup berhasil karena Persik memenangi permainan di lini tengah.

"Sebetulnya waktu itu kalau lihat statistik dia terlalu mulai kehilangan bola. Bola ke depan juga tidak efektif, kami tahu dia pemain bagus," kata dia.

Pemain Persik Kediri Rendy Juliansyah berterimakasih atas dukungan yang diberikan suporter. Ia mengatakan, pemain sudah bekerja keras dan ke depan akan berusaha lebih baik lagi.

Pelatih Arema FC Javier Roca mengakui pola permainan Persik Kediri bagus, sehingga anak asuhnya harus berusaha keras mencuri poin. Ia bersyukur akhirnya Arema FC bisa mencuri poin.

"Pemain Persik mainnya bagus, tapi pemain Arema mencoba keluar dari badai dan akhirnya dapat satu peluang," kata Javier Roca.

Atas kekalahan ini Persik Kediri semakin terjerumus di dasar klasemen liga 1 2022-203. Dari 10 kali bertanding, Persik tidak pernah mencatatkan kemenangan sekali pun. 

Baca juga: Manajemen Persik siapkan dua loket penjualan tiket

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022