Jakarta (ANTARA) - Para astronaut Shenzhou-14 China telah merampungkan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activity/EVA) mereka, kata Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) pada Sabtu (17/9).

Pukul 13.35 (Waktu Beijing) atau 12.35 WIB, Cai Xuzhe membuka pintu kabin airlock Wentian. Pada pukul 15.33, Cai dan Chen Dong telah keluar dari Wentian.

Kedua astronaut itu kembali ke modul lab pada pukul 17.47 setelah melakukan aktivitas EVA selama sekitar lima jam, menurut CMSA, yang telah mengumumkan bahwa misi tersebut berhasil sepenuhnya.

Selama aktivitas EVA, astronaut Liu Yang berada di dalam modul inti untuk mendukung rekan-rekannya.

Mereka berhasil menyelesaikan serangkaian tugas, termasuk pemasangan gagang bantuan untuk aktivitas di luar wahana antariksa dan set pompa tambahan dari sirkuit listrik. Mereka juga memverifikasi kemampuan penyelamatan di luar wahana antariksa.

Aktivitas EVA tersebut berhasil menguji lebih lanjut kemampuan koordinasi para astronaut dan lengan mekanis kecil yang digunakan, serta memverifikasi kinerja fungsional kabin airlock Wentian dan fasilitas pendukung untuk EVA. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022