Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mengkampanyekan kendaraan listrik dan kompor induksi di kegiatan Car Free Day (CFD) Jalan Raya Darmo, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu.

Senior Manajer Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) UID Jatim Fintje Lumembang mengatakan, pada puncak perayaan Hari Pelanggan Nasional tahun 2022 ini, pihaknya mengajak masyarakat menyaksikan keunggulan listrik dan kompor induksi di CFD.

"Pastinya motor listrik ini tidak menghasilkan emisi karbon, lebih ramah lingkungan, tidak berisik, dan sejalan dengan program pemerintah yang menuju transisi energi," kata Fintje.

Menurut dia, kampanye kali ini diawali dengan konvoi 150 unit motor listrik yang diikuti PLN Grup Jawa Timur dan Komunitas Electric Vehicle (EV) dari Kantor PLN Embong Trengguli menuju lokasi CFD di Jalan Raya Darmo Surabaya.

Fintje menambahkan, kegiatan kali ini merupakan salah satu upaya PLN untuk menjalankan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 untuk mengakselerasi penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbahan Baterai (KBLBB).

Hal ini disusul juga dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia nomor 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai kendaraan operasional dan atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Di Jawa Timur juga telah dikeluarkan Edaran Gubernur nomor 671/85/124.3/2022 tentang himbauan penggunaan KBLBB dan kompor induksi. Ini semakin memperkuat langkah kami untuk mendukung program pemerintah dalam peningkatan efisiensi energi, ketahanan energi dan konservasi energi sektor transportasi dan rumah tangga," kata Fintje.

Selain demo memasak dengan kompor induksi, PLN pun menghadirkan produk layanan Iconnet, Listriqu, dan promo layanan yang mendukung electrifying lifestyle seperti Nyaman Kompor Induksi dan Home Charging Services serta ada juga promo mobil listrik dan motor listrik oleh mitra.

Saat ini, kata dia, pengguna layanan promo tambah daya Nyaman Kompor Induksi di Jawa Timur mencapai 25.752 pelanggan. Sementara pelanggan yang telah memanfaatkan promo home charging services untuk mobil listrik sebanyak 38 pelanggan.

Salah satu pengunjung CFD, Ken mengatakan kesannya menyaksikan langsung konvoi motor listrik dan demo memasak menggunakan kompor induksi.

"Ini pengalaman baru, ya, dan kegiatan ini bagus sekali untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, karena lama kelamaan semua pasti akan berpindah ke kendaraan listrik ke kompor induksi. Keren sekali," kata Ken.

PLN pun membuka booth bagi pelanggan yang ingin langsung mengajukan tambah daya maupun konsultasi kelistrikan. Sebanyak lima pengunjung melakukan tambah daya langsung menggunakan promo Nyalakan Kemerdekaan dan 20 pengunjung lainnya mengunduh aplikasi PLN Mobile.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022